Lebih baik datang segera untuk mengurusnya sendiri tanpa melalui pihak ketiga...
Palangka Raya (ANTARA News) - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Baru I Sangkai menegaskan bahwa 2014 untuk pembuatan e-KTP maupun akte kelahiran di daerah itu tetap diberlakukan gratis.

"Baik pembuatan e-KTP, akte kelahiran maupun pengurusan administrasi kependudukan lainnya tidak sama sekali di pungut biaya sepeserpun. Dan kami tegaskan bagi masyarakat setempat untuk tidak memberikan semacam imbalan berupa uang," katanya di Palangka Raya, Kamis.

Ia mengungkapkan, dalam upaya memberikan pelayanan pembuatan e-KTP, kartu keluarga (KK), dan pembuatan akte kelahiran terus dilakukan agar tetap berjalan lebih maksimal serta mengedepankan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi.

"Jangan menunggu dan menyepelekan perekaman e-KTP. Saat ini pembuatan e-KTP, Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran masih gratis tanpa ada dipungut biaya," ucapnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat "Kota Cantik" Palangka Raya yang belum melakukan perekaman e-KTP, untuk segera datang ke Disdukcapil setempat.

"Lebih baik datang segera untuk mengurusnya sendiri tanpa melalui pihak ketiga, apabila ada hal yang kurang jelas bisa langsung ditanyakan kepada petugas kami," kata Baru.

Dia juga mengingatkan kepada masyarakat setempat agar jangan mudah percaya dengan pihak ketiga atau calo yang mampu mengurus segala keadministrasian penduduk dengan meminta uang lebih.

"Lebih baik urus sendiri tanpa melalui pihak ketiga, dan lagi untuk persyaratan pembuatan e-KTP, akte kelahiran maupun Kartu Keluarga tidak begitu sulit," tambahnya.

Sementara itu, ia mengungkapkan selain rendahnya tingkat kesadaran masyarakat dalam pembuatan e-KTP, dikarenakan waktu yang diberikan cukup panjang sehingga menjadi pelaksanaan e-KTP terkesan molor.

Selama ini pihak Disdukcapil sudah berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan berbagai upaya sosialisasi kepada masyarakat, agar proses pembuatan e-KTP ini bisa berjalan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

Pewarta: Ronny NT
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014