Danny Green dan Kawhi Leonard sama-sama mencetak 22 angka untuk membawa San Antonio Spurs untuk menyudahi semifinal playoff Wilayah Barat...
San Antonio (ANTARA News) - San Antonio Spurs kembali melaju ke final playoff Wilayah Barat setelah meraih kemenangan di Game 5 atas Portland Trail Blazers 104-82, di San Antonio, Kamis WIB.

Danny Green dan Kawhi Leonard sama-sama mencetak 22 angka untuk membawa San Antonio Spurs untuk menyudahi semifinal playoff Wilayah Barat dengan kemenangan 4-1 atas Portland Trail Blazers.

Pada laga yang berlangsung di markas Spurs tersebut, Patty Mills mencetak 18 angka dan Tim Duncan mengemas 16 angka serta 8 rebound untuk Spurs, sebagaimana dilansir AP.

Kehadiran Spurs di final Wilayah Barat merupakan kali ketiga dalam tiga tahun terakhir, setelah tahun lalu mereka takluk dari Miami Heat dalam tujuh laga final NBA.

Spurs, akan menunggu pemenang antara Oklahoma City Thunder dan Los Angeles Clippers di final Wilayah Barat. Untuk sementara Thunder masih memiliki keunggulan 3-2.

Pemain forward Blazers, LaMarcus Aldridge mencetak 21 angka untuk Blazers, sementara point guard Damian Lillard menyumbang 17 angka dan 10 assist.

Rotasi pemain Blazers tidak efektif dalam laga tersebut, terbukti dengan minimnya angka yang disumbangkan dari bangku cadangan, 7 angka berbanding 40 angka yang didapatkan di kubu Spurs.

Setelah bermain di tengah badai cedera sepanjang babak playoff musim lalu, kali ini Spurs memiliki kebugaran hingga pertandingan tersebut.

Namun pada pertandingan ini point guard Spurs, Tony Parker, mengalami cedera dan ditarik keluar di paruh pertama akibat masalah hamstring kiri.

Setelah kembali melantai di sisa waktu sembilan menit 46 detik kuarter kedua, Parker akhirnya meninggalkan pertandingan semenit berselang, menuju ruang ganti didampingi Manajer Spurs R.C. Bufford dan fisioterapis tim, Dr. Paul Saenz.

Parker tidak mencetak satu angka pun selama 10 menit melantai, dua tembakannya gagal menemui sasaran sementara pertahanan Blazers memaksa ia tetap berada di luar wilayah tembakan dua angka.

Manu Ginobili mengambil alih peran pengendalian bola menyusul keluarnya Parker. Meskipun Parker tampil kurang optimal, Spurs tetap memulai laga dengan baik berkat keunggulan rebound.

Pemain center Tiago Splitter mengamankan dua offensive rebound di tiga menit pertama laga. Spurs yang memiliki rata-rata 9,3 offensive rebound sepanjang babak playoff, berhasil memperoleh 5 kali di kuarter pertama.

Blazers melaju mencetak sembilan angka tanpa balas setelah Splitter beristirahat di tepi lapangan, keuntungan terbanyak didapatkan Aldridge. Ia mencetak dua kali jump-shoot melampaui Boris Diaw untuk angka-angka awalnya.

Sementara itu, Mills tampil cukup menawan bahkan sebelum menepinya Parker.

Pebasket Australia nan cergas itu berlari melesakkan layup setelah mencuri bola dari C.J. McCollum di wilayah pertahanan Spurs. 

Tak lama berselang, Mills menghalau percobaan tembakan tiga angka Lillard, memicu sebuah serangan balik yang berujung pada lemparan tiga angka pertama Green dalam laga tersebut.

Penampilan Green kali ini paling klinis sepanjang playoff sukses menemui sasaran dalam empat dari enam kali percobaan tembakan tiga angka.

Spurs, memperoleh 4 lemparan tiga angka di kuarter kedua, salah satunya dari Leonard yang memperlebar keunggulan menjadi 43-30 di sisa waktu empat menit 47 detik kuarter kedua.

(*)

Penerjemah: Gilang Galiartha
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014