Kami mengimbau masyarakat yang tinggi di kawasan hilir Sungai Ciliwung untuk mewaspadai kenaikan air, diperkirakan akan sampai tengah malam nanti,"
Bogor (ANTARA News) - Ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, sempat berstatus siaga tiga ketika volume air mencapai 140 cm Kamis petang.

Meningkatnya debit air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa terjadi setelah hujan deras mengguyur kawasan Puncak, mulai pukul 16.00 WIB.

"Ketinggian air mengalami kenaikan bertahap dari normal pukul 16.00 WIB meningkat pada pukul 16.45 WIB setinggi 130 cm, lalu pukul 17.36 naik menjadi 140 cm," ujar Andi Sudirman, kepala pelaksana harian Bendung Katulampa.

Andi mengatakan, informasi ketinggian air telah dilaporkan ke sejumah pihak di wilayah DKI Jakarta sebagai peringatan akan adanya kenaikan air.

Diperkirakan air dengan debit sekitar 240.000 liter per detik dari Bendung Katulampa akan tiba di wilayah Jakarta pada Jumat dini hari.

"Kami mengimbau masyarakat yang tinggi di kawasan hilir Sungai Ciliwung untuk mewaspadai kenaikan air, diperkirakan akan sampai tengah malam nanti," ujar Andi.

Setelah sempat mengalami peningkatan, hingga berita ini diturunkan, ketinggian air di Bendung Katulampa berangsung surut, bertahan di level siaga empat.
(KR-LR/Z002)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014