Penjualan tersebut terekap setelah peserta termotivasi oleh pandangan yang disampaikan konsultan bisnis perusahaan kami..."
Pekanbaru (ANTARA News) - PT Pegadaian (Persero) Kanwil II Pekanbaru berhasil membukukan penjualan emas berlogo Antam dan Pegadaian sebesar Rp450 juta atau seberat 830 gram dari berbagai ukuran dalam ajang seminar berinvestasi logam mulia.

"Penjualan tersebut terekap setelah peserta termotivasi oleh pandangan yang disampaikan konsultan bisnis perusahaan kami, Rully Kustandar," kata Kepala PT Pegadaian (Persero) Kanwil II Pekanbaru, H. Mulyono, di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, masyarakat Kota Pekanbaru mulai mempertimbangkan keuntungan bagi masa depan dengan membeli emas ketimbang menyimpan invetasi dalam bentuk uang.

Pembeli, katanya, bahkan mendapatkan keuntungan ganda saat bertransaksi pada acara seminar tersebut, yakni dibebaskan biaya administrasi dan mendapatkan voucher sebesar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu sekali transaksi.

"Keuntungan ganda lainnya adalah masyarakat bisa berkonsinyasi dan bebas biaya penitipan di kantor Pegadaian mana saja. Selain itu bisa juga digadaikan dengan angsuran secara biasa," katanya.

Ia mengatakan, perolehan penjualan emas sebesar itu sekaligus mendongkrak perolehan target ditetapkan tiap bulan rata-rata 10 kg logam mulia tersebut.

Sedangkan dominan pembelian logam mulai saat seminar sehari itu adalah emas dengan berat 5-10 gram, disamping itu juga emas dengan berat 50 gram dan 100 gram.

"Masyarakat lebih memilih membeli emas Antam dan emas berlogo Pegadaian karena merupakan investasi terbaik bagi masa depan, karena nasabah bisa beruntung ketika menjual emas saat harganya naik," katanya.

Oleh karena ini, katanya, untuk meningkatkan minat masyarakat dalam berinvestasi emas, Kanwil II menggiatkan pegawai mempromosikan produk emas ke masyarakat.

Pegadaian merupakan lembaga keuangan bukan bank yang fungsinya memberikan kredit kepada masyrakat dengan sistem gadai. Selain fungsi gadai, pegadaian juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai lembaga resmi untuk menjual emas serta membeli kembali emas yang dijual, baik emas perhiasan logam mulia Antam maupun logam mulia Pegadaian.  (F011/T007)

Pewarta: Frislidia
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014