Beijing (ANTARA News) - Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok, Cheng Guoping, Kamis, mengatakan bahwa presiden Iran dan presiden Tiongkok akan saling bertemu di Shanghai untuk membahas perluasan hubungan dan kerja sama antara kedua negara.

Berbicara kepada wartawan di Shanghai, dia mengatakan, Presiden Xi Jinping telah mengundang mitranya Presiden Iran Hassan Rouhani untuk mengunjungi Tiongkok.

Konferensi ke-empat tentang Interaksi dan Langkah-langkah Membangun Kepercayaan di Asia (CICA) akan diselenggarakan di Shanghai pekan depan, di mana kepala negara dari berbagai negara dijadwalkan untuk bertukar pandangan mengenai isu-isu kepentingan bersama, serta perkembangan regional dan internasional, katanya.

Para pemimpin, pejabat dan perwakilan dari 46 negara telah menyuarakan kesiapan untuk menghadiri konperensi tersebut, katanya.

China akan memangku kepemimpinan bergilir CICA Shanghai mendatang sampai 2016.

Tema konferensi ini adalah untuk meningkatkan pembicaraan, membangun kepercayaan, kerja sama, perdamaian dan stabilitas, katanya.

Konferensi Shanghai mengenai Interaksi dan Keyakinan Langkah-langkah Membangun Kepercayaan di Asia akan diselenggarakan setiap empat tahun sekali, demikian dilansir Xinhua.
(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014