UNJ akan terus berinovasi, membangun citra dalam membentuk karakter bangsa yang siap berkompetisi, dan melaksanakan otonomi pendidikan,"
Jakarta (ANTARA News) - Pembukaan Dies Natalis ke-50 Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ditandai peluncuran jurnal internasional berjudul "Indonesian Journal of Education Review" oleh Rektor UNJ Prof Dr Djaali di kampus Rawamangun, Jakarta Timur, Jumat.

Dalam sambutannya Rektor mengatakan, peluncuran jurnal tersebut sebagai bentuk dedikasi kemajuan pengetahuan dan pemahaman tentang teori-teori pendidikan dan isu-isu dalam berbagai disiplin ilmu yang meliputi input, proses, out put dan dampak sebuah sistem pendidikan serta pelaksanaannya.

Dia mengharapkan, jajaran sivitas akademika UNJ agar memanfaatkan jurnal yang akan dikelola Program Pascasarjana UNJ tersebut melalui kegiatan pendidikan dan penelitian, sehingga kualitas SDM UNJ meningkat baik di dalam negeri maupun internasional.

Rektor memberikan contoh, pada 2011 peringkat UNJ urutan ke-68 perguruan tinggi terbaik se-Asia Pasifik, dan pada tahun 2013 peringkat tersebut naik urutan ke-26.

Menurutnya, UNJ yang pada saat berdirinya tahun 1964 bernama IKIP Jakarta dan baru pada tahun 1999 berubah menjadi UNJ, bertekad akan terus mewujudkan "Generasi Emas" sebagaimana dicanangkan Mendikbud M Nuh pada 2 Mei 2012.

Untuk merealisasikan generasi emas itu, pemerintah telah mempersiapkan "grand design" pendidikan generasi emas 100 tahun Indonesia merdeka hingga tahun 2045.

Rektor mengatakan, UNJ dalam mewujudkan generasi emas itu telah menuangkan grand design dalam bentuk buku Bunga Rampai 50 Tahun UNJ dengan judul "Tantangan Pendidikan Indonesia dalam Membangun Generasi Emas". Buku tersebut untuk menampilkan landasan filosofis, teoritik, konseptual dan pengalaman praktis dalam membangun generasi emas.

Rektor menambahkan, di usia 50 tahun ini, UNJ akan terus mematangkan diri sebagai instansi dalam memenuhi tri dharma pendidikan.

"UNJ akan terus berinovasi, membangun citra dalam membentuk karakter bangsa yang siap berkompetisi, dan melaksanakan otonomi pendidikan," katanya.

Dies Natalis ke-50 UNJ bertemakan "Bersinergi Mewujudkan Pendidikan Unggul dan Berkeadilan dan Kebhinekaan" dilaksanakan mulai 16 Mei--16 Juni 2014, antara lain akan diisi acara reuni akbar UNJ, seminar dan lokakarya ilmiah dari berbagai  jurusan dan fakultas, pementasan musik dan pergelaran tata busana.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014