Saat ini kondisi air di pantai selatan tidak bersahabat karena beberapa hari terakhir ini gelombang pantai terutama di Pantai Parangtritis cukup tinnggi,"
Bantul (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meminta wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan di daerah ini mewaspadai gelombang tinggi yang melanda pantai tersebut.

"Saat ini kondisi air di pantai selatan tidak bersahabat karena beberapa hari terakhir ini gelombang pantai terutama di Pantai Parangtritis cukup tinggi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Dwi Daryanto, Jumat.

Menurut dia, peringatan terhadap bahaya gelombang pantai selatan itu dikeluarkan menyusul kasus tenggelamnya delapan siswi asal MTs Al-Maarif Malang, Jawa Timur di Pantai Parangtritis Rabu (14/5), yang mana tiga di antaranya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Selain itu, kata dia memasuki libur akhir pekan ini dipastikan wilayah pantai selatan khususnya Pantai Parangtritis yang telah menjadi tujuan favorit akan ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun luar daerah yang sedang berwisata di DIY.

"Sehingga ini perlu kami sampaikan kepada wisatawan melalui kawan-kawan SAR, supaya tidak bosan-bosannya selalu mengingatkan pada wisatawan supaya tidak main air ketika gelombang tidak bersahabat," katanya.

Selain itu, kata dia pihaknya berharap kesadaran dari para wisatawan untuk memahami tipikal dan karakter pantai selatan Bantul yang terdapat palung namun berpindah-pindah tanpa diprediksi sebelumnya baik oleh petugas keamanan SAR setempat.

"Baliho maupun peringatan tanda bahawa sudah banyak terpasang di beberapa tempat sebagai antisipasi kecelakaan laut, namun kadang-kadang wisatawan yang sudah diperingatkan di sini, mainnya pindah di sebelah sana, sering terjadi seperti itu," katanya.

Oleh sebab itu, kata dia pemerintah daerah melalui personel SAR diharapkan juga tetap terus memberikan pemahaman kepada pengunjung pantai agar selalu memahami karakter pantai selatan, apalagi beberapa hari terakhir ini kondisi gelombang tidak bersahabat.

Saat ini, kata dia di sepanjang pantai selatan Bantul mulai dari Pantai Parangtritis ke barat hingga Pantai Pandansimo terdapat sebanyak 79 personel SAR yang selalu siap mengawasi dan mengamankan wisatawan dari kecelakaan laut.(*)

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014