Selamat malam, selamat malam,"
Jakarta (ANTARA News - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O. Blake Jr bersama-sama dengan para undangan menikmati dan turut menggerak-gerakkan tangannya ke atas begitu grup "Hip Hop Ambassadors" mendendangkan sejumlah lagu.

"Selamat malam, selamat malam," sapa Dubes Blake saat membuka acara hiburan itu yang diadakan di halaman kedutaan besar AS di bilangan Menteng, Jakarta, setelah jamuan makan pada Jumat malam.

Para undangan yang terdiri atas artis, wartawan, tokoh masyarakat dan anak-anak muda penggemar musik hip hop menjawab sapaan Dubes Blake, yang disertai istri dan tiga anaknya.

Blake, yang mulai bertugas di Jakarta pada akhir Januari 2014, hanya berbicara singkat dan mengajak hadirin untuk langsung menikmati suguhan grup musik itu.

"Hip Hop Ambassadors" yang beranggota Anas Canon, Baraka Blue, Sunni Ali dan Erik Rico menyuguhkan beberapa lagu dan Dubes Blake dan anak-anak muda termasuk remaja AS pun seolah terhipnotis untuk menggerak-gerakkan tangan dan bergoyang saat mereka mendengar para rapper beraksi di atas panggung.

Hip Hop adalah sebuah gerakan kebudayaan yang mulai tumbuh sekitar 1970-an dan dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika di AS. Jenis musik ini merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen-elemen yang terdiri atas MCing (lebih dikenal rapping), DJing, Breakdance dan Graffiti.

Kelompok itu mengadakan beberapa pertunjukan di beberapa daerah di Indonesia termasuk Jakarta.

Program "Hip Hop Ambassadors" bertujuan untuk memelihara keberagaman dan mendorong rasa saling mengerti melalui kolaborasi dan pertukaran kaum muda dalam bidang seni.

Sebagai instrumen untuk mendorong perdamaian, program ini juga menampilkan artis Amerika Serikat, yang bertindak sebagai duta besar kebudayaan AS. Dalam program ini, kaum muda perkotaan AS memiliki kesempatan untuk berkeliling dunia dan mengasah ketrampilan hidup yang membantu mereka meraih sukses ketika berkolaborasi dengan kelompok-kelompok yang berbeda.

Program "Hip Hop Ambassadors" berkolaborasi dengan "Very Necessary" -- kelompok musik yang terdiri atas artis-artis ternama. Grup itu sebelumnya dikenal dengan nama "Remarkable Current Musician Collective," sebuah label rekaman independen yang telah menetapkan standar baru dalam musik urban internasional selama lebih 10 tahun terakhir.

Anas Canon memiliki bakat luar biasa dalam merangkai lirik, audio production, sound engineering, dan menjadi DJ. Bakatnya telah membawa Canon ke berbagai belahan dunia. Ia memiliki komitmen untuk meningkatkan kesadaran sosial akan keberagaman melalui seni dan terus mengekplorasi cara-cara baru untuk menyalurkan ide-ide kreatifnya.

"Kami ingin memperbanyak teman di Indonesia dengan pesan berisi cinta dari lagu-lagu yang kami suguhkan," kata Canon kepada Antara ketika kelompok itu mengunjungi Masjid Istiqlal, Jumat siang, dan bertemu dengan beberapa wartawan.
(M016)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014