Le Mans (ANTARA News) - Juara dunia MotoGP sekaligus pemuncak klasemen Marc Marquez menduduki posisi start terdepan untuk kelima kalinya secara beruntun pada Sabtu, ketika ia mencatatkan waktu tercepat pada kualifikasi untuk Grand Prix Prancis yang akan berlangsung Minggu.

Pebalap Honda asal Spanyol berusia 21 tahun ini, yang start di posisi kedua pada tahun lalu, mengamankan posisi start terdepan untuk ke-42 kali sepanjang karirnya dengan mengungguli rekan senegaranya Pol Espargaro (Yamaha Tech3) dan pebalap Italia Andrea Divizioso (Ducati).

Marquez telah memenangi empat balap musim ini dan seandainya ia kembali menang pada Minggu, ia akan menyamai rekor lima kemenangan beruntun yang ditorehkan pebalao Italia Giacomo Agostini saat membuka musim 1972.

Kemenangan pada Minggu juga akan membuat ia menjadi pebalap termuda yang memenangi lima balap beruntun di kelas utama, melampaui rekor Mike Hailwood yang berusia 22 tahun 160 hari ketika ia memenangi lima balap beruntun di kelas 500 cc pada 1962.

Marquez berpeluang mencatatkan waktu tercepat pada Mingu, di mana torehan waktunya adalah 1 menit 32,567 detik yang menjadi rekor lap baru Le Mans.

Namun keadaan semakin baik ketika sang juara dunia meningkatkan catatan waktunya menjadi 1 menit 23,042 detik untuk memelihara rekor 100 persen pada kualifikasi 2014.

Marquez lebih cepat 0,692 detik dari pebalap pemula Espargaro, yang mengamankan posisi start terbaiknya di MotoGP pada balap kelimanya di kelas elit.

Dovizioso tertinggal 0,713 detik dari Marquez untuk mengambil spot terakhir di baris terdepan.

"Saya sangat gembira berada di posisi terdepan, dan juga dengan selisih antara saya sendiri dan posisi kedua di catatan waktu," kata Marquez.

"Besok akan menarik ketika rival-rival utama saya - Dani (Pedrosa), Jorge (Lorenzo), dan Valentino (Rossi) - tidak berada di baris terdepan namun pada baris kedua dan ketiga."

"Bagaimanapun, saya tahu mereka akan berada di sana untuk berjuang dan kami harus mempersiapkan diri. Start dari posisi terdepan merupakan keuntungan dan saya akan berusaha memaksimalkannya dan memberi 100 persen - seperti selalu saya lakukan - untuk berjuang demi kemenangan."

Baris kedua dihuni Stefan Bradl dari Honda dengan Rossi, yang tiga kali menjadi pemenang di Le Mans, dan rekan setimnya di Yamaha Lorenzo yang tertinggal 0,857 detik di posisi keenam.

"Saya begitu gembira, khususnya setelah Jumat yang merupakan bencana. Saya tidak mampu mengendarai sepeda motor dengan baik, namun hari ini bersama rekan setim saya, kami banyak mengembangkan settingan dan saya puas," kata Rossi.

"Saya selalu cepat. Saya memiliki kecepatan yang bagus dan settingan yang bagus, maka saya menyukai sepeda motor ini. Pada kualifikasi saya memiliki potensi untuk berada di baris depan, namun pada akhirnya ini juga bagus."

Ia menambahi, "Saya berada di posisi kelima di depan Lorenzo dan Dani Pedrosa, dan saya pikir mereka akan menjadi rival-rival yang hebat. Marc Marquez juga sangat cepat, namun saya dapat bertarung dengan mereka."

Baris ketiga diisi para pebalap Spanyol yakni Alvaro Bautista, Aleix Espargaro, dan rekan setim Marquez di Honda Pedrosa, yang memenangi balap di sirkuit ini pada 2013.

Pebalap Jerman Jonas Folger mengamankan posisi start kelima pertama sepanjang karirnya, ketika ia menjadi yang tercepat dengan Kalexnya di kualifikasi untuk ajang Moto2.

Pebalap 20 tahun itu, yang menghuni peringkat ke-11 di klasemen, mengungguli dua pebalap Spanyol Esteve Rabat dan Luis Salom, keduanya juga menunggangi Kalex.

Efren Varquez dari Spanyol akan start di posisi terdepan untuk Moto3.

Vazquez, yang menghuni peringkat ketiga di klasemen, membawa Hondanya ke posisi start terdepan untuk balap kelima musim ini, mengungguli pemuncak klasemen Jack Miller asal Australia, yang mengendarai KTM, dan sesama pebalap Spanyol Alex Rins, yang juga menunggangi Honda, demikian AFP.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014