New Delhi (ANTARA News) - Indonesia mengawali penampilan pertamanya pada kejuaraan bulutangkis beregu putri Piala Uber 2014 di New Delhi, India, Minggu, dengan mengalahkan Australia 5-0 pada pertandingan penyisihan Grup X.

Tunggal putri Indonesia Lindaweni Fanetri memenangi dengan mengalahkan pemain Australia Tara Pilven 21-16 , 21-11.

Empat partai berikutnya juga menangi pemain-pemain Indonesia.

Kejuaraan Piala Thomas dan Uber hari pertama Minggu pagi secara serentak menggelar empat pertandingan, yakni di Piala Uber Indonesia lawan Australia, dan Korea Selatan lawan Singapura, sedangkan di Piala Thomas tuan rumah India menghadapi Jepang, dan Denmark melawan Hong Kong.

Bermain di lapangan 2 arena Siri Fort Sport Complex, Lindaweni sempat terlihat lambat pada game pertama.

Pilven bisa langsung memimpin 11-3. Namun selanjutnya Lindaweni mulai dapat mengendalikan permainan dan mengunci lawannya pada angka 15 sebelum menang 21-16.

Game kedua Linda tidak menemui kesulitan menghadapi lawan yang peringkatnya jauh di bawahnya itu
dan menang 21-11.

Pada partai kedua, Rizki Amelia/Pia Zebadiah harus bermain tiga game melawan He Tian Tang/Renuga Veeran sebelum menang 21-15, 17-21, 21-8.

Kemenangan Indonesia ditentukan oleh tunggal kedua, Bellaetrix Manuputty yang tidak menemui kesulitan iuntuk mengatasi Verdet Kessler 21-12, 21-12.

"Tidak ada perintah khusus dari pelatih, saya hanya diminta lebih tenang," kata Bellaetrix seusai pertandingan tersebut.

Ia mengaku belum pernah bertemu Kessler sebelumnya, namun tidak lama setelah pertandingan dimulai ia merasa kemampuan lawan masih di bawahnya.

Pada partai ketiga, pemain paling senior di tim Piala Uber Indonesia, Adriyanti Firdasari menambah poin dengan mengalahkan Joy Lai 21-10, 21-12.

Pasangan ganda putri Tiara Rosalia Nuraidah/Suci Rizky Andini yang mendapat kepercayaan dari pelatih Sarwenda untuk tampil dihari pertama tersebut, menyempurkankan kemenangan Indonesia menjadi 5-0 denganmengalahkanVerdet Kessler/Jacqueline Guan 21-10, 21-9.

Arena Siri Fort Sport Complex pada hari pertama Piala Thomas/Uber belum dipenuhi penonton. Dari
sekitar 5000 kapasitas tempat duduk, hanya sekitar 500 yang terisi, termasuk oleh sekitar 50 orang warga Indonesia Indonesia yang terus memberi dukungan kepada Firdasari dkk.

Pengamanan di stadion juga cukup ketat. Baik penonton, media maupun panitia untuk memasuki arena
pertandingan harus melewati dua lapis pemeriksaan petugas keamanan.

Pada Piala Uber, Indonesia berada satu grup dengan Korea, Australia dan Singapura.

Selanjutnya Firdasari akan menghadapi Singapura Selasa (20/5).

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2014