Kami telah menyaksikan cepatnya pencairan gletser itu
Vancouver (ANTARA News) - Gugusan gletser British Columbia di Kanada Barat menyusut dengan cepat, sehingga telah menjadi masalah utama perubahan iklim, kata kantor berita lokal pada Minggu (18/5), dengan mengutip laporan dari lembaga Amerika mengenai perubahan iklim.

"Kebanyakan gunung es di Alaska dan British Columbia menyusut secara mendasar," kata Canadian Press, yang mengutip US National Climate Assessment.

Gletser di British Columbia dan Negara Bagian Alaska di Amerika Utara kehilangan 20 sampai 30 persen apa yang mencair setiap tahun dari Lapisan Es Greenland, kata laporan tersebut.

Laporan itu menambahkan penyusutan tersebut berjumlah sebanyak 40 sampai 70 gigaton per tahun, atau sebanyak 10 persen air Sungai Mississippi.

"Kemerosotan global volume lapisan es dan gletser diramalkan sebagai salah satu penyebab terbesar naiknya permukaan air laut global selama abad ini," kata laporan itu, sebagaimana dilaporkan Xinhua, Senin petang.

Brian Menounos, Profesor Geografi di University of Northern British Columbia dan salah satu ilmuwan yang terlibat dalam penelitian lintas-perbatasan, banyak lembaga mengenai penyusutan gunung es, mengatakan ia prihatin dengan cepatnya pencarian gletser tersebut.

"Kami telah menyaksikan cepatnya pencairan gletser itu," katanya. Ia menambahkan, "Ketika kami mulai meneliti sebagian gugusan gunung ini, kami menyaksikan sebagian kejadian yang benar-benar luar biasa."

Ada sebanyak 200.000 gletser di Bumi, 17.000 di antaranya berada di British Columbia, kata laporan tersebut.

(C003)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014