Bandung (ANTARA News) - Senjata kujang dan primata khas Jawa Barat Surili dipastikan menjadi gambar utama pada perangko PON XIX/2016 yang akan diterbitkan oleh PT Pos Indonesia.

"PT Pos Indonesia selalu merilis perangko seri Pekan Olahraga Nasional (PON), termasuk untuk PON 2016, logo dan maskot PON pasti menjadi gambar utama di perangko itu," kata Vice Presiden Filateli Pos Indonesia Bambang Irian di Bandung, Senin.

Menurut Bambang, pencetakan perangko seri PON harus menunggu surat keputusan dari pemerintah terkait pelaksanaan PON XIX/2016. Perangko seri selalu hadir dan sebagai bukti sejarah pada setiap pelaksanaan pesta olahraga tingkat nasional itu.

"Perangko seri PON lengkap sejak PON pertama hingga terakhir pada PON XIX/2012 di Pekanbaru. Seri ini termasuk yang banyak diminati oleh penggemar filateli," katanya.

Terkait pencetakan perangko seri PON XIX/2016, menurut Bambang kemungkinan akan dilakukan pada pertengahan 2015, sekaligus sebagai sosialisasi kegiatan itu kepada masyarakat.

"Bila PON digelar Juli 2016, maka kemungkinan perangko PON XIX/2016 dirilis Juli 2015. Namun yang pasti perangko seri PON pasti akan hadir," katanya.

Perangko seri PON biasanya dibuat dengan bentuk logo dan maskot, kemudian per cabang olahraga seperti pada seri perangko PON XIX/2012.

Selain dalam bentuk perangko, akan dirilis juga dalam bentuk sampul hari pertama yang akan dicetak sesuai dengan kebutuhan.

Jabar akan menjadi tuan rumah PON XIX/2016 yang akan mempertandingkan 43 cabang olahraga. Pada penyelenggaraan PON kedua kalinya di Jabar setelah PON III/1961 itu, Jabar menargetkan "3 Sukses" yakni, sukses prestasi, sukses penyelenggaraan dan sukses pemberdayaan ekonomi.

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014