Jakarta (ANTARA News) - Strategy Analytics melaporkan bahwa raksasa Korea Samsung telah mengendalikan segmen smartwatch global dengan pangsa pasar mencapai 71 persen.

Samsung setidaknya telah mengirimkan 500.000 jam pintar dalam tiga bulan pertama 2014, yang berarti setengah dari penjualan total 2013 yang mencapai 1 juta unit.

Angka itu bahkan belum termasuk penjualan smartwatch terbaru Samsung, yang meliputi Gear 2 dan Gear 2 Neo, menurut Strategy Analytics sebagaimana dikutip Android Central baru-baru ini.

Kepemimpinan Samsung dalam segmen ini karena fakta bahwa perusahaan itu merupakan salah satu dari sedikit pabrikan, selain Sony, yang menawarkan jam pintar.

Konsumen hanya mempunyai sedikit pilihan di pasar di antaranya Galaxy Gear, Gear 2, Gear 2 Neo, dan SmartWatch 2 Sony.

Vendor non-tradisional seperti Pebble hanya meraih sedikit sukses dengan Pebble dan Pebble Steel.

Ekosistem jam pintar akan membentuk perubahan besar dalam beberapa bulan mendatang, karena pabrikan mainstream seperti LG, Motorola, HTC, dan Asus juga akan mengenalkan jam pintar yang berbasis ekosistem Android Wear Google.

LG G Watch akan melakukan debut akhir bulan ini, dan Motorola Moto 360 dijadwalkan meluncur ke pasar setelah musim panas ini, kemungkinan juga Moto X+1.

Asus akan mengenalkan perangkat wearable pertamanya, kemungkinan besar sebuah smartwatch, pada ajang Computex bulan depan.

Belum ada kejelasan kapan HTC akan meluncurkan smartwatch-nya, tapi rumor terakhir mengindikasikan waktu peluncuran pada semester kedua tahun ini.

Yang jelas, pasar jam pintar ke depan akan semakin menarik dengan hadirnya sejumlah produk baru dari beberapa produsen ternama.

Pewarta: Suryanto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014