Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pendidikan adalah modal dasar pembangunan manusia, baik secara karakter, mental, sikap, maupun budaya.

"Pendidikan itu faktor penentu nomor satu, yang paling utama. Karakter, mental, sikap dan budaya manusia tidak bisa dibangun begitu saja tanpa pendidikan," kata Jokowi usai memimpin upacara Hari Kebangkitan Nasional di Monas, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut dia, meskipun Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah, semua itu tidak akan berarti apa-apa jika tidak didukung dengan pembangunan manusia.

"Makanya, kita harus bangkit untuk masa depan kita, untuk mencerdaskan bangsa, sehingga seluruh kekayaan alam yang kita miliki bisa kita manfaatkan dengan baik dan optimal," ujar Jokowi.

Melalui pembangunan karakter, sikap, mental dan budaya manusia yang baik maka akan menghasilkan generasi yang produktif.

"Pembangunan manusia pun berpengaruh pada perekonomian, karena bisa meningkatkan produktivitas dan daya saing. Bangsa kita bisa semakin kompetitif. Jadi, pendidikan memang sangat penting. Itu yang harus kita benahi, bukan yang lain," tutur Jokowi.

Terkait peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang jatuh pada 20 Mei, mantan Walikota Solo itu juga mengajak segenap masyarakat agar bangkit bersama untuk membangun bangsa.

"Tentu saja, kita semua harus bangkit untuk masa depan kita, untuk masa depan Kota Jakarta dan untuk masa depan Indonesia yang jauh lebih baik. Semuanya harus bangkit," kata Jokowi.

 

Pewarta: Cornea Khairany
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014