Salah satu hal yang bisa menumbuhkan rasa kebangsaan adalah kebangkitan nasional, bangkit dari keterpurukan, bangkit dari ketertinggalan, bangkit dari ketidakadilan, bangkit dari kemiskinan dan kebodohan,"
Jakarta (ANTARA News) - Anggota DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Surahman Hidayat mengatakan rasa kebangsaan yang tinggi sangat diperlukan, agar Bhinneka Tunggal Ika tidak hanya menjadi slogan belaka.

"Salah satu hal yang bisa menumbuhkan rasa kebangsaan adalah kebangkitan nasional, bangkit dari keterpurukan, bangkit dari ketertinggalan, bangkit dari ketidakadilan, bangkit dari kemiskinan dan kebodohan," ujar Surahman di Jakarta, Selasa.

Dia menambahkan, rasa kebangsaan tersebut sangat diperlukan karena Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari tidak kurang 13.000 pulau.

Kemudian, memiliki keanekaragaman suku bangsa, bahasa dan agama.

"Karenanya sedikit saja gesekan yang terjadi dalam masyarakat maka akan berakibat fatal, sering kita saksikan dalam media massa beberapa peristiwa yang mencabik-cabik rasa nasionalisme kebangsaan".

Perang antarsuku, pemberontakan, tawuran warga dan lain-lain yang berpotensi terjadinya disintegrasi bangsa.

Sebagai negara kesatuan, lanjut dia, seharusnya pemerintah memberikan perlakuan yang sama terhadap rakyat dari Sabang sampai Marauke.

"Bila rakyat di satu wilayah sejahtera maka selayaknya rakyat di wilayah lainpun sejahtera agar asas Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia dapat diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," jelas dia.

Dia mengharapkan kebangkitan nasional merupakan peristiwa bangkitnya semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme diikuti dengan kesadaran untuk memperjuangkan hasil kemerdekaan. (*)

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014