Momentum Hari Kebangkitan Nasional tahun ini harus memajukan bangsa dengan cara kita bangun sumber daya manusia yang menguasai, mencintai, punya nasionalisme yang tinggi,"
Bandung (ANTARA News) - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi momentum kebangkitan sumber daya manusia (SDM) untuk membangun bangsa dan negara Indonesia yang lebih baik.

"Momentum Hari Kebangkitan Nasional tahun ini harus memajukan bangsa dengan cara kita bangun sumber daya manusia yang menguasai, mencintai, punya nasionalisme yang tinggi," kata Gubernur saat memperingati Harkitnas ke-106 di Gedung Sate, Bandung, Selasa.

Ia menjelaskan SDM yang baik akan mampu membangun nasionalisme yang cinta terhadap negara atau Tanah Air.

Jika memiliki nasionalisme tinggi, menurut Heryawan, pasti mampu mengelola alam semesta yang dimiliki Indonesia untuk kepentingan dan kemajuan bangsa.

"Punya nasionalisme yang tinggi, kemampuan mengolah negara, dan kemampuan mengolah sumber daya alam yang melimpah," kata gubernur.

Ia menuturkan sejarah lahirnya kebangkitan nasional ditandai dengan munculnya kaum pendahulu yang penuh semangat berjuang meraih kemerdekaan.

Cara meraih kemerdekaan saat ini, kata Heryawan, dengan membangkitkan jiwa semangat membangun bangsa Indonesia yang lebih baik.

Ia berharap cita-cita kemerdekaan berupa masyarakat adil dan makmur, terlaksana secepatnya.

"Masih banyak perjuangan yang harus dilaksanakan dengan kerja sama, komitmen bersama," katanya.(*)

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014