hubungan yang harmonis antara Indonesia dan Vietnam karena keduanya memiliki persamaan yang mendasar...
Jakarta (ANTARA News) - Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Nguyen Xuan Thuy mengharapkan presiden terpilih RI pasca Pemilihan Presiden 9 Juli mendatang dapat menjaga dan melanjutkan hubungan baik dengan Vietnam.

"Kami berharap bahwa presiden terpilih RI nanti dapat menjaga hubungan baik dengan Vietnam. Kami menghargai peran aktif Indonesia dalam membangun Komunitas ASEAN, sementara juga menjaga stabilitas di kawasan Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir," ujar Nguyen Xuan Thuy saat diwawancarai di kediamannya di Jakarta, Selasa (20/5).

Dubes Xuan Thuy juga mengatakan bahwa selama ini hubungan diplomatik Indonesia-Vietnam telah berlangsung baik selama 60 tahun dan saling mendukung di tingkat regional dan tingkat internasional.

Menurut Dubes Xuan Thuy, hubungan yang harmonis antara Indonesia dan Vietnam karena keduanya memiliki persamaan yang mendasar, yaitu sama-sama berjuang dalam meraih kemerdekaannya.

"Bahkan hari kemerdekaan kita hanya terpisah dua minggu saja, Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 sedangkan heri kemerdekaan Vietnam pada tanggal 2 September 1945," tambah Dubes Xuan Thuy.

Perjuangan meraih kemerdekaan tersebut merupakan perjuangan yang sangat berarti bagi kedua negara, di mana 10 tahun kemudian hubungan diplomatik keduanya baru berlangsung, tambah Dubes Vietnam.

Pemilihan presiden tahun ini akan menjadi pemilihan presiden langsung dan demokratis ketiga di Indonesia, sejak reformasi politik di negara itu yang terjadi antara tahun 1990-an dan awal 2000-an.

Sementara ini, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mencatat dua pasang kandidat presiden dan wakil presiden periode 2014-2019 yaitu Jokowi-Jusuf Kalla dan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Indonesia akan menantikan pengumuman pemenang pemilihan presiden ini pada 26 Juli 2013 dan Presiden RI terpilih akan memulai masa jabatannya pada 20 Oktober 2014.

(A050)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014