Perangkat Bioimaging sangat mendukung kegiatan riset sel punca, rekayasa jaringan, pengembangan vaksin, pengembangan herbal medicine, biomaterial, bioproses dan riset-riset yang memerlukan pengamatan melalui interaksi live cell.
Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) meluncurkan UI-Olympus Bioimaging Center yang merupakan laboratorium rujukan nasional dengan teknologi mutakhir di bidang Live Cellimaging dan merupakan yang pertama di Indonesia.

"UI-Olympus Bioimaging Center merupakan pusat Bioimaging pertama di Indonesia yang didirikan atas kerjasama UI dengan Olympus Singapore," kata Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko, di Depok, Rabu.

Ia mengatakan laboratorium serupa telah dibangun di Institute of Medical Biology (IMB) the Olympus Microscopy Suite Singapore, Olympus Bioimaging Center (OBC) Mahidol University dan University Putra Malaysia (UPM)-Olympus Live Cell Imaging Suite.

UI-Olympus Bioimaging Center dilengkapi dengan Research Inverted Microscope (IX73); Biological Confocal Laser Scanning Microscope (FV 1200); Confocal Laser Scanning Biological Microscope For Live Cell Time-Lapse Imaging with an Incubator and a Water-Immersion Objective (FV10i-LIV) serta image analysis and processing.

"Perangkat Bioimaging sangat mendukung kegiatan riset sel punca, rekayasa jaringan, pengembangan vaksin, pengembangan herbal medicine, biomaterial, bioproses dan riset-riset yang memerlukan pengamatan melalui interaksi live cell," katanya.

Menurut dia agar para periset dapat menguasai pemakaian alat-alat laboratorium tersebut, UI melalui Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) berinisiasi menggelar pelatihan sebanyak empat kali yang akan dibawakan oleh para ahli Olympus.

Lebih lanjut ia mengatakan sejalan dengan visi dan misi UI untuk menjadi universitas riset, melalui pendirian UI-Olympus Bioimaging Center diharapkan dapat mendukung terwujudnya aktivitas integration, excellence dan enterprising. Karena laboratorium dan perangkatnya merupakan salah satu bagian yang penting untuk mendayagunakan SDM atau sivitas akademika UI dalam kegiatan akademik, pengajaran, riset dan pengabdian masyarakat.

UI-Olympus Bioimaging Center berada di lantai tiga gedung Integrated Laboratory and Research Center (ILRC) yang merupakan sebuah gedung khusus yang disiapkan sebagai sarana kegiatan riset yang dikelola oleh DRPM UI.

"Pengembangan laboratorium ini merupakan kerjasama serta upaya jaringan kerja yang dikembangkan oleh DRPM dengan Olympus, yang merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan instrumen mikroskop berteknologi mutakhir produksi Olympus," pungkasnya. (*)

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014