New York (ANTARA News) - Badan Antariksa Amerika Serikat NASA meluncurkan "selfie global"-nya Kamis waktu setempat atau Jumat WIB, yang adalah mosaik untuk lebih dari 36.000 foto yang diunggah ke media sosial yang memperlihatkan manusia dan tempat di seluruh dunia dalam rangka memperingati Hari Bumi, demikian NASA seperti dikutip Reuters.

NASA meminta orang-orang pada Hari Bumi 22 April untuk mengunggah foto-foto dalam hashtag #GlobalSelfie ke situs-situs media sosial seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Para pengguna dari setiap benua dan 113 negara atau kawasan, termasuk Antartika, Yaman dan Peru, telah tergabung di sini.

Setelah berminggu-minggu mengumpulkan dan mengkuratori lebih dari 50.000 ajuan, maka apa yang disebut "selfie global" ini diluncurkan.

"Kami kewalahan menghadapi orang yang berperan serta dari begitu banyak negara. Kami sangat berterimakasih bahwa orang-orang telah meluangkan waktu untuk merayakan planet kita ini secara bersama-sama, dan kami menunggu semua orang untuk ambil bagian sebagai pemandu yang baik mengenai Bumi kita yang berharga ini," kata Peg Luce, wakil direktur Divisi Sains Bumi NASA.

Mosaik yang dapat dibesarkecilkan (di-zoom) berkekuatan 3,2 megapiksel ini memperlihatkan ratusan ribu gambar-gambar terpilih yang diatur menyerupai Bumi ketika muncul pada satelit cuaca Suomi National Polar-orbitting Partnership yang mengorbiti planet Bumi pada Hari Bumi. (http://www.nasa.gov/content/goddard/2014-globalselfie-wrap-up/#.U36H_Ch7Tms).

NASA memiliki 17 satelit pengamat Bumi di orbit, dan lebih dari lima misi untuk mengumpulkan data mengenai planet Bumi akan diluncurkan tahun ini, kata NASA.

Lembaga antariksa AS tersebut mengatakan ini akan menjadi langkah pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade terakhir bahwa begitu banyak misi sains Bumi milik NASA telah diluncurkan dalam satu tahun, demikian Reuters.

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014