Paris (ANTARA News) - Dua petenis Spanyol yang telah mengalahkannya di permukaan lapangan favoritnya, tanah liat, dapat saling bertemu kembali dengan favorit sekaligus juara bertahan Rafael Nadal di Prancis Terbuka.

Undian Jumat, yang dipimpin Nadal di Roland Garros, juga memberikan jalan yang berat bagi juara kategori putri Serena Williams.

Juara delapan kali Nadal akan bermain melawan petenis AS Robbie Ginepri di putaran satu, namun Nicolas Almagro dan David Ferrer diunggulkan untuk menghadapinya di putaran empat dan perempat final.

Almagro secara mengejutkan mengalahkan Nadal di perempat final Barcelona Terbuka, sedang Ferrer, yang dikalahkannya di final Prancis Terbuka tahun lalu, menyingkirkannya di fase yang sama di Monte Carlo Masters.

"Pekan lalu di Roma begitu berat secara fisik, namun terkadang Anda memerlukan hal-hal seperti itu. Saya bermain sedikit lebih baik sepanjang turnamen," kata Nadal pada konferensi pers.

Kekalahan dari Novak Djokovic di final Italia Terbuka berarti Nadal telah menelan tiga kekalahan di lapangan tanah liat Eropa untuk pertama kalinya dalam satu dekade, menimbulkan keraguan mengenai penampilannya.

Djokovic, yang mengejar satu-satunya gelar Grand Slam yang belum ada di koleksinya, menghadapi Joao Sousa asal Portugal pada putaran pertama saat ia menjalani rute yang kemungkinan akan mempertemukannya dengan mantan petenis peringkat satu dunia Roger Federer di semifinal.

Unggulan keempat Ferrer bermain melawan petenis Slovakia Lukas Lacko pada putaran pertama, sedangkan petenis Swiss lainnya Stanislas Wawrinka, unggulan ketiga, menghadapi putaran pertama yang berat di mana ia akan berhadapan dengan Guillermo Garcia-Lopez asal Spanyol.

Wawrinka diunggulkan untuk bertemu Nadal di semifinal.

Federer, yang memenangi gelar pada 2009, meyakini hanya akan ada sedikit ruang untuk kejutan pada turnamen tahun ini.

"Saya pikir di Roland Garros ini adalah perang gesekan, Anda harus memainkan lebih banyak tembakan dan Anda tidak dapat bersandar pada serve yang bagus untuk mengeluarkan Anda dari situasi sulit," kata petenis 32 tahun pada konferensi pers.

Petenis Inggris Raya Andy Murray, unggulan ketujuh, berpeluang bertemu dengan Wawrinka setelah keberhasilan sampai ke delapan besar di Roma mendongkrak kepercayaan dirinya menyusul awal yang berat pada tahun ini.

Murray akan bertemu Andrey Golubev di pertandingan pertama.

Juara bertahan kategori putri sekaligus petenis peringkat satu dunia Williams akan menghadapi Alize Lim asal Prancis pada pertandingan pertama sebelum kemungkinan ia bertemu Maria Sharapova di perempat final. Sharapova dikalahkan Williams pada final tahun lalu.

Penampilan unggulan ketujuh Sharapova di lapangan tanah liat memperlihatkan perbaikan pada beberapa tahun terakhir, dan ia memenangi gelar Stuttgart dan Madrid pada tahun ini secara beruntun. Ia menghadapi petenis kualifikasi di putaran pertama.

Unggulan kedua Li Na dari Tiongkok, yang merupakan juara pada 2011, juga menghadapi lawan dari Prancis pada putaran pertama yakni Kristina Mladenovic. Petenis peringkat empat dunia Simona Halep dari Rumania berpeluang bertemu Li di semifinal.

Paruh teratas pada undian putri terlihat lebih berat daripada di paruh bawah, di mana runner up Wimbledon Sabine Liscki, petenis Australia Samantha Stosur, dan unggulan ketiga Agniszka Radwanska berada di sana, demikian Reuters.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014