Jepara (ANTARA News) - Persijap Jepara kembali gagal mempersembahkan kemenangan di depan publik sendiri, setelah kalah 0-2 atas tim tamunya Barito Putra, pada laga kompetisi Liga Super Indonesia (ISL) di Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara, Jateng, Jumat.

Dua pemain anyar Persijap yang diturunkan sejak menit awal, Carlos Raul dan John Tarpkor belum juga mampu membuat perubahan pada tim berjuluk Laskar Kalinyamat, setelah laga sebelumnya Persijap juga kalah di kandang sendiri.

Tekanan yang dilancarkan tim tamu berulang kali merepotkan lini pertahanan Persijap.

Memasuki menit ke-22, tim Barito Putra justru berhasil menjebol gawang Persijap lewat striker asing James Koko Lomel, skor 0-1 untuk keunggulan tim tamu.

Unggul 1-0 tak mengendurkan semangat pemain lawan dalam melancarkan serangan, tercatat berulang kali merepotkan lini pertahanan Persijap Jepara.

Tekanan yang dilancarkan tim asuhan Salahudin, membuat lini belakang Persijap sering kehilangan konsentrasi.

Persijap sempat mendapatkan peluang mencetak gol lewat Ahmad Noviandani, namun aksi individunya yang berhasil menusuk hingga ke jantung pertahanan dan melepaskan tembakan dari jarak dekat masih bisa digagalkan kiper lawan.

Upaya persijap menyamakan kedudukan semakin berat, menyusul tambahan gol yang dicetak James Koko Lomel pada menit ke-40.

Proses terjadinya gol berawal dari umpan silang Rizky Rizaldipora dari sisi kanan pertahanan Persijap mengarah ke James Koko berhasil dikontrol dengan dada sebelum menceploskannya ke gawang Persijap, skor 0-2 untuk keunggulan tim tamu.

Sebelum babak pertama berakhir, Persijap mendapatkan peluang memperkecil ketinggalan lewat tendangan bebas pemain anyar Persijap, John Tarpkor, namun bola masih bisa ditip kiper Barito Putra, Joko Ribowo.

Hingga wasit Solikin meniup peluit tanda babak pertama usai, kedudukan masih tetap 0-2 untuk keunggulan tim tamu.

Memasuki babak kedua, tekanan kembali diterima tim tuan rumah.

Pada menit ke-48, Persijap memasukkan Andika Dian menggantikan Carlos Raul menyusul permasalahan nomor pada celana yang dikenakan.

Pada menit ke-72, pelatih Barito Putra Salahudin memasukkan Noor Hadi yang merupakan mantan pemain Persijap menggantikan Syahroni.

Upaya Persijap membangun serangan untuk memperkecil ketinggalan, berulang kali kandas karena buruknya penampilan tim Persijap.

Menit-menit akhir pertandingan, kiper Persijap Danang Wihatmoko justru diganjar kartu merah dan pemain lawan mendapatkan hadiah penalti.

Eksekusi penalti Yongki Ariwibowo pada menit 89, justru gagal menjebol gawang Persijap yang dijaga kiper Dedy Haryanto yang masuk menggantikan Boy Jati.

Hingga wasit Solikin asal Surabaya meniup peluit tanda pertandingan kedua kesebelasan berakhir, skor masih tetap 0-2 untuk kemenangan Barito Putra.

Pada laga tersebut, wasit mengeluarkan dua kartu kuning, masing-masing untuk pemain Persijap dan pemain Barito Putra serta kartu merah untuk pemain Persijap. (*)

Pewarta: Akhmad Nazaruddin Lathif
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014