Jakarta (ANTARA News) - Mobil diesel tak selalu kalah dengan performa kendaraan berbahan bakar bensin, dan itu telah dibuktikan oleh pebalap nasional Rifat Sungkar.

Dengan mengendarai Mitsubishi Pajero Sport diesel, Rifat telah membuktikan bahwa mobil berbahan bakar solar itu mampu mengalahkan pesaing-pesaingnya dalam Kejuarnas Speed Offroad tahun lalu.

"Alhammdullilah dengan Pajero Sport diesel saya kembali menjuarai Kejuaraan Off Road Nasional tahun lalu," kata Rifat di sela test drive Mitsubishi New Outlander Sport di Bandung, Jabar, belum lama ini.

Pada seri pertama kejuaraan sama tahun ini, Rifat juga merebut gelar kampiun.

Itu, kata Rifat, sekaligus membuktikan bahwa mobil diesel tidak kalah dengan kendaraan-kendaraan sejenis yang berbahan bakar bensin, yang sering disebut mempunyai akselerasi lebih baik.

"Pencapaian saya itu membuktikan sekaligus membalikkan kesan banyak orang bahwa mobil diesel kalah cepat maupun akselerasi dibanding mobil bermesin bensin," kata Rifat.

Selain satu-satunya mobil diesel dalam kejuaraan nasional itu, kata Rifat, Pajero Sport juga memiliki bobot tidak ringan, mungkin yang terberat, di atas 2,6 ton.

Namun, itu bukan halangan. Meskipun sebagian besar pesaingnya sudah memodifikasi mobil mereka, Rifat tetap menjuarai kejuaraan tersebut.

Di tengah para pesaingnya yang terus berbenah untuk merebut gelar juara, Rifat juga tidak tinggal diam. Ia tengah menyiapkan sedikit modifikasi pada Pajero Sport-nya.

Pada Bulan Puasa, Juni mendatang, Rifat mungkin sudah menggunakan Pajero Sport dengan sentuhan modifikasi pada body (badan) mobil, karena pesaingnya juga terus meng-upgrade mobil-mobil mereka.
Pewarta:
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014