Cannes (ANTARA News) - Balinale International Film Festival yang akan digelar di Bali dipromosikan pada Festival Film Cannes di Perancis 14-25 Mei 2014.

"Kami berupaya mempromosikan penyelenggaraan Balinale yang diadakan sejak 2007 kepada insan film dunia di Cannes," ujar panitia penyelenggara Balinale Ari Syarif kepada Antara, Minggu.

Menurut Ari, ini untuk pertama kalinya Balinale dipromosikan pada festival film Cannes yang tahun ini fokus pada "Women in Film".

Balinale Internasional Film Festival diadakan dengan bekerjasama dengan American Film Showcase & Sundance Institute yang dipersembahkan Kedutaan Amerika di Jakarta.

Pada Balinale yang mulai digelar Oktober mendatang itu diadakan forum industri film, seminar, program khusus untuk anak, serangkaian seminar, dan peluncuran kompetisi film.

Menurut Arif, banyak produser film dan distributor yang ingin mengikuti Balinale Internasional Film Festival, namun saat ini Balinale akan memfokuskan kepada peserta Asia Tenggara, meskipun tidak menutup kemungkinan film Eropa dan Amerika juga mengikuti festival film yang salah satu pendirinya adalah bintang film Christine Hakim.

Deborah Gabinetti salah satu pendiri Bali Taksu Indonesia Foundation, juga akan menjadi penyelenggara Balinale.

Christine Hakim yang pernah menjadi juri Festival Film Cannes juga hadir di kota wisata Cannes untuk mempromosikan Balinale kepada para sahabatnya di Cannes.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014