Cannes, Prancis (ANTARA News) - Film Turki "Winter Sleep" memenangkan Palme dOr, penghargaan tertinggi di Festival Film Cannes ke-67, yang diakhiri di selatan kota Cannes, Sabtu.

Grand Prix penghargaan festival diraih film Italia "Wonders", sebuah film besutan sutradara baru perempuan muda Alice Rohrwacher. Penghargaan itu diberikan kepada dirinya oleh bintang film legendaris Sophia Loren.

Hadiah untuk sutradara terbaik jatuh ke tangan sutradara Amerika, Bennett Miller, untuk "Fox Catcher", sedangkan aktor terbaik direbut aktor Inggris Timothy Spall untuk "Mr Turner."

Penghargaan untuk aktris terbaik diraih artis Amerika Julianne Moore untuk film " Maps to the Stars Canada."

Penghargaan untuk skenario terbaik kali ini diberikan kepada penulis Rusia Andrei Zvyagintsev dan Oleg Negin untuk film "Leviathan."

Penghargaan Jury Prize diberikan kepada pasangan Kanada Mommy Xavier Dolan dan French Goodbye untuk "Language Jean-Luc Godard".

"Winter Sleep", yang disutradarai oleh Nuri Bilge Ceylan, adalah kemenangan pertama di showcase bioskop terbesar di dunia untuk Turki sejak tahun 1982, setelah "Yol" oleh Yilmaz Guney berbagi penghargaan dengan "Missing" garapan Costa Gavras.

Ceylan mendedikasikan hadiah tersebut untuk para pemuda Turki "yang kehilangan nyawa mereka" dalam kerusuhan di Turki selama setahun terakhir.
/H-AK) 25-05-2014 11:00:39

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2014