Jelas sekali Serge (Ibaka) kembali dan mengangkat permainan kami di akhir pertahanan dan akhir penyerangan.
Jakarta (ANTARA News) - Pemain forward Oklohoma City Thunder, Serge Ibaka kembali bermain dan membantu timnya memenangkan Game 3 Final Wilayah Barat Liga Bola Basket Nasional Amerika (NBA) .

Oklohoma City Thunder mengalahkan San Antonio Spurs 106-97, dan berhasil memangkas ketinggalan menjadi 1-2, pada pertandingan yang berlangsung di Oklohoma City, Senin WIB.  

Ibaka mencetak 15 angka, 7 rebound, dan 4 blockshot padahal dirinya sempat diperkirakan tidak dapat melanjutkan kiprahnya di babak playoff musim ini, karena cedera betis.

Permainan dua bintang Thunder, Kevin Durant dan Russell Westbrook, menjadi lebih efektif dalam menyerang maupun bertahan. Pemain terbaik NBA (Most Valuable Player/MVP) musim ini, Kevin Durant mencetak 25 angka, 10 rebound dan dalam menggalang pertahanan berhasil mengumpulkan nilai tertinggi +19.

Sementara point guard, Russell Westbrook, mencetak 26 angka, 7 assist, 3 steal dan mengumpulkan nilai +15 dalam menggalang pertahanan. Ia bersama Reggie Jackson berhasil membuat mesin pencetak angka Spurs, Tony Parker, hanya mencetak 9 angka di Game 3 ini.

Kali ini pelatih Thunder memasang Reggie Jackson sebagai pemain utama menggantikan Thabo Sefolosha di posisi shooting guard. Jackson yang memiliki kecepatan berhasil mencetak 15 angka dan mengumpulkan nilai +17 dalam menggalang pertahanan.

Thunder mengungguli Spurs dalam perebutan bola pantul (rebound) dengan 52-36, setelah di dua game sebelumnya selalu kalah. Spurs kali ini hanya memiliki 40 persen lemparan lapangan ketimbang dua game sebelumnya mencatatkan setidaknya 50 persen lemparan lapangan. Thunder unggul selisih 20 angka di sisa waktu 3:17 kuarter ke-4.

"Jelas sekali Serge (Ibaka) kembali dan mengangkat permainan kami di akhir pertahanan dan akhir penyerangan," kata pelatih Thunder, Scott Brooks, mengomentari kembalinya Serge Ibaka ke dalam pertandingan playoff ini. Demikian dirilis NBA.

Sementara di pihak San Antonio Spurs, Manu Ginobili mencetak 23 angka, dan Tim Duncan menambahkan 16 angka, 8 rebound. Spurs hanya berhasil mengimbangi permainan Thunder di paruh pertama, dengan Ginobili menjaringkan dua kali lemparan tiga angka di menit akhir paruh pertama.

Namun Westbrook menjawab dengan dua kali lemparan tiga angka, memberikan keunggulan Thunder 57-53. Thunder mencatat 56 persen lemparan lapangan di paruh pertama.

Thunder memperlebar keunggulan menjadi 83-76 di akhir kuarter ke-3. Kemudian semakin melaju melalui Durant dan sebuah tiga angka dari Caron Butler membuat Thunder unggul 90-76 di awal kuarter ke-4.

"Saya sangat kecewa karena kita tidak tampil dengan sikap yang baik. Mereka mengalahkan kami di bola pantul, dan mengalahkan kami di persentase lemparan," kata pelatih Spurs, Gregg Popovich, yang dirilis laman resmi NBA. (*)

Penerjemah: Ella Syafputri
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014