London (ANTARA News) - Indonesia mengelar promosi investasi dan perdagangan di pusat bisnis Skotlandia dalam upaya mewujudkan komitmen Presiden Yudhoyono dan PM David Cameron untuk melipatgandakan nilai perdagangan Inggris dan Indonesia pada tahun 2015.

Dubes RI untuk Kerajaan Inggris Raya dan Republik Irlandia, Hamzah Thayeb mengadakan pertemuan dengan Scottish Development International (SDI), bagian dari Pemerintah Skotlandia yang bertugas meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi, demikian Sekretaris Pertama KBRI London, Hastin Aristya Bakti Dumadi kepada Antara London, Selasa.

Dalam kunjungan kerja ke Glasgow, Dubes Hamzah Thayeb, memberikan paparan kepada sejumlah pengusaha yang tergabung dalam Glasgow Chamber of Commerce dan mengunjungi perusahaan Sgurr Energy, yang bergerak di bidang konsultansi pembangunan energi terbarukan.

Pada acara business luncheon yang diadakan di Hotel Hilton Glasgow, Dubes Hamzah Thayeb mengajak kalangan bisnis di Inggris khususnya di wilayah Skotlandia untuk melihat peluang besar investasi di berbagai bidang di Indonesia termasuk di sektor energi terbarukan.

Hal ini untuk menindaklanjuti komitmen kedua pemimpin negara dalam melipatgandakan nilai perdagangan RI-Inggris di tahun 2015 yang semakin dekat, ujarnya.

Dubes bersama Deputi BKPM bidang Promosi Penanaman Modal, Himawan H. Djojohadikusumo dan Executive Director Glasgow Chamber of Commerce meresmikan pelucuran iklan promosi investasi "Invest in Remarkable Indonesia" dengan menggunakan taksi khas yang ada di Glasgow.

Peluncuran iklan investasi di Glasgow menandai serangkaian kegiatan promosi investasi yang dilakukan tim BKPM pusat dan kantor perwakilan BKPM di London yang dipimpin Deputi BKPM bidang Promosi Investasi antara lain dengan melakukan serangkaian pertemuan dengan beberapa perusahaan di London dan Warwick.

BKPM juga berpartisipasi sebagai eksibitor pada "All Energy Exhibition and Conference (AEEC) Providing Solutions to Meet Your Renewable Energy Needs" yang merupakan kegiatan pameran dan konferensi sektor energi terbesar di Inggris yang diselenggarkan setiap tahun sejak 2001 di Kota Aberdeen.

Konferensi diikuti perusahaan multinasional dan perusahaan Inggris yang bergerak di sektor energi. Indonesia pertama kali berpartisipasi pada kegiatan yang sudah digelar 14 kalinya.

Dengan semakin besarnya partisipasi perusahaan-perusahaan energi pada AEEC, tahun depan AEEC ini rencananya akan diselenggarakan di Glasgow pada tanggal 6-7 Mei 2015.

Sementara itu Kepala Kantor Perwakilan BKPM London, J.S. Meyer Siburian mengatakan peluncuran iklan promosi investasi di Glasgow merupakan program kedua setelah sebelumnya pada akhir tahun 2013 lalu di London.

Dikatakannya Glasgow menjadi tempat iklan promosi investasi BKPM perwakilan London mengingat Glasgow merupakan pusat bisnis di wilayah Skotlandia. Program promosi investasi berlangsung selama sebulan dengan menggunakan 30 taksi lokal yang dikenal dengan black cab.

Menurut data SDI, Glasgow yang berpenduduk lebih dari lima juta jiwa merupakan basis berbagai perusahaan yang bergerak di sektor energi dan energi terbarukan, life sciences, engineering, desain dan manufaktur, jasa bisnis dan keuangan, pariwisata, pendidikan, retail serta industri kreatif yang ingin memperluas ekspansi bisnisnya ke luar negeri.

Para pengusaha di Glasgow menyambut positif outreach program yang dilakukan KBRI London dan BKPM dengan melibatkan perwakilan dari beberapa perusahaan terbarukan.

Menurut rencana tim dari SDI akan mengunjungi Indonesia pada pertengah bulan Juni mendatang untuk menjajaki peluang kerja sama investasi di sektor energi. (ZG)

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014