Dukungan ADB untuk pengembangan jurusan teknik mesin telah memasuki tahun ketiga..."
Ambon (ANTARA News) - Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) mendukung pengembangan dan peningkatan kualitas Jurusan Teknik Mesin Politeknik Ambon hingga 2017.

"Dukungan ADB untuk pengembangan jurusan teknik mesin telah memasuki tahun ketiga dan akan berlangsung hingga 2017," kata Ketua Jurusan Teknik Mesin Politeknik Ambon Dady Mairuhu ST, MM, di Ambon, Selasa.

Bantuan yang diberikan ADB di antaranya beasiswa penuh setiap tahun kepada tujuh mahasiswa, dimulai tahun 2014.

Jumlah mahasiswa yang akan memperoleh bantuan biaya pendidikan sebesar Rp6 juta per semester hingga tahun 2017 sebanyak 28 orang.

Kriteria mahasiswa penerima bantuan ADB di antaranya berasal dari keluarga kurang mampu, memiliki minat, bakat serta kemampuan di bidang mesin, di samping melalui seleksi ketat.

ADB juga membantu pengembangan infrastruktur dan penguatan manajemen kelembagaan melalui peningkatan kualitas tenaga dosen pada jurusan teknis mesin Politeknik Ambon, baik melalui serangkaian pelatihan maupun pendidikan lanjutan.

"Sejumlah tenaga dosen akan mengikuti pendidikan sarjana strata satu, strata dua maupun strata tiga khususnya di bidang ilmu terapan hingga tahun 2017," katanya.

Dady menegaskan, sedikit-dikitnya tiga orang tenaga dosen pada jurusan teknis mesin diprogramkan mengikuti pendidikan sarjana ilmu terapan di luar negeri dan dibiayai secara penuh oleh ADB.

"Tenaga dosen yang akan dikirim mengikuti pendidikan lanjutan ilmu terapan teknik mesin di luar negeri, harus lulus kompetensi yang dilakukan ABD bekerja sama dengan Dikti dan manajemen Politeknik Ambon. Jadi bukan berdasarkan penunjukkan," ujar Dady.

ADB juga memprogramkan untuk menyertakan 17 orang staf jurusan teknik mesin untuk mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas dan kompetensi guna meningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) secara berjenjang hingga tahun 2017.

Dady mengakui dukungan bank internasional tersebut sangat berdampak bagi peningkatan kualitas SDM jurusan teknik mesin Politeknik Ambon, baik tenaga dosen, staf administrasi maupun mahasiswa.

"Diharapkan dukungan ADB selama beberapa tahun terakhir ini dapat berdampak meningkatkan kualitas lulusan Politeknik Ambon, hingga mampu bersaing dan terserap di dunia industri, maupun secara mandiri menciptakan lapangan kerja baru," katanya menambahkan. (*)

Pewarta: Jimmy Ayal
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014