Los Angeles (ANTARA News) - Film pahlawan super "X-Men: Days of Future Past" meraup 302 juta dolar AS dari penjualan tiket di seluruh dunia selama liburan Memorial Day di Amerika Serikat pada Senin, melampaui pendapatan akhir pekan film laris "Avatar" pada 2009.

Film ketujuh "X-Men" menempati puncak peringkat film Amerika Serikat dan Kanada dengan pendapatan 111 juta dolar AS dari Jumat sampai Senin menurut estimasi perusahaan pelacak Rentrak.

Film itu mengumpulkan tambahan pendapatan 191 juta dolar AS dari bioskop-bioskop di seluruh dunia, kata studio 20th Century Fox.

Menurut 20th Century Fox, penjualan tiket bioskop sekuel "X-Men" mendapat dorongan dari ulasan kuat, termasuk rating positif 91 persen di laman Rotten Tomatoes dan nilai "A" dari jajak pendapat penonton CinemaScore.

Film itu mampu menarik penonton dari beragam etnis yang terdiri atas 56 persen pria dan 44 persen perempuan, kata Spencer Klein, wakil presiden dan manajer pemasaran 20th Century Fox, salah satu unit 21st Century Fox.

"Film itu memperluas jangkauan ke penonton umum," katanya seperti dilansir kantor berita Reuters.

Sejak Jumat sampai Minggu "X-Men" unggul dalam penjualan tiket global mengalahkan penjualan tiket debut film Fox berjudul "Avatar" pada Desember 2009.

Film fiksi ilmiah "Avatar" memulai dengan pendapatan 241,5 juta dolar AS di seluruh dunia dan menjadi film paling laris sepanjang masa dengan pendapatan 2,8 miliar dolar AS menurut Box Office Mojo.

Sedang "X-Men" mengumpulkan penjualan global 261,8 juta dolar AS pada tiga hari pertamanya di 119 wilayah, termasuk 37,7 juta dolar AS di Tiongkok, pasar film terbesar kedua di dunia.

Pada sekuel terkini serial komik Marvel "X-Men", Hugh Jackman menjadi Wolverine yang melakukan perjalanan ke masa lalu untuk menyelamatkan para mutan dari kehancuran masa depan.

Untuk mengubah sejarah, dia berperang melawan makhluk biru Mystique yang diperankan oleh Jennifer Lawrence dalam film dengan biaya produksi 200 juta dolar AS tersebut.


"Godzilla" di peringkat dua

Pendapatan film "X-Men" mengalahkan penjualan tiket "Godzilla", yang hanya bisa berada di peringkat dua peringkat box office Amerika Serikat dan Kanada.

Daur ulang film Jepang tahun 1954 itu meraup pendapatan domestik 39,4 juta dolar AS selama Jumat sampai Senin dan memperoleh pendapatan 324,5 juta dolar AS dari seluruh dunia, demikian menurut Warner Bros., yang memproduksi "Godzilla" bersama Legendary Pictures.

Sementara komedi romantis "Blended" berada di urutan ketiga dengan perolehan 18,2 juta dolar AS dari penjualan tiket domestik sepanjang Senin.

Film yang dibintangi oleh Drew Barrymore dan Adam Sandler itu bercerita tentang orangtua tunggal yang sedang liburan bersama anak mereka di sebuah resor di Afrika.

Komedi Seth Rogen yang berjudul "Neighbors" mendarat di urutan keempat dengan nilai penjualan tiket 17,2 juta dolar AS, melampaui sekuel pahlawan super "The Amazing Spider-Man 2" yang hanya bisa bertengger di peringkat lima dengan pendapatan 10 juta dolar AS.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014