Yogyakarta (ANTARA News) - Peraih nilai ujian nasional tertinggi nasional bidang IPS Nur Afifah Widyaningrum diterima di Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2014.

"Selain Afifah, peraih nilai ujian nasional (UN) tertinggi kedua nasional bidang IPS Rikko Sajjad Nur, dan peraih nilai UN tertinggi ketiga nasional bidang IPA Hashina Zulfa juga diterima di UGM melalui jalur seleksi tersebut," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UGM Iwan Dwiprahasto di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, Rikko diterima di Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dan Hashina Zulfa diterima di Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UGM melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014.

"UGM melalui jalur SNMPTN 2014 menerima sebanyak 3.227 calon mahasiswa program sarjana. Calon mahasiswa yang diterima itu masuk UGM setelah rekam prestasi akademiknya unggul bersaing dengan 61.944 peserta SNMPTN 2014 yang mendaftar di UGM," katanya.

Ia mengatakan setelah dinyatakan diterima di UGM, calon mahasiswa harus mengisi biodata yang tersedia di laman UM UGM http://um.ug.ac.id pada 2-6 Juni 2014. Selain mengisi biodata, calon mahasiswa juga harus mengunggah dokumen yang disyaratkan di laman UM UGM tersebut.

"Calon mahasiswa wajib datang sendiri, tidak diwakilkan, untuk melakukan registrasi. Registrasi dilayani di Direktorat Akademik UGM Jalan Pancasila, Bulaksumur, Yogyakarta pada 16-18 Juni 2014," katanya.

Menurut dia, calon mahasiswa wajib datang sesuai jadwal yang ditentukan. Saat registrasi calon mahasiswa diminta untuk membawa bukti pembayaran, surat pernyataan akan menaati seluruh peraturan yang berlaku di UGM, surat keterangan lulus UN 2014, dan lain-lain seperti yang telah diumumkan di laman UM UGM.

"Calon mahasiswa yang tidak melaksanakan registrasi sampai dengan 18 Juni 2014 pukul 15.00 WIB dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa UGM pada tahun ajaran 2014/2015," katanya.

Ia mengatakan lima program studi di UGM bidang IPA dengan tingkat persaingan tertinggi dalam SNMPTN 2014 adalah Program Studi Teknologi Informasi, Arsitektur, Pendidikan Dokter, Ilmu Komputer, dan Gizi Kesehatan.

"Lima program studi di UGM bidang IPS dengan tingkat persaingan tertinggi dalam SNMPTN 2014 adalah Pariwisata, Komunikasi, Ilmu Hubungan Internasional, Manajemen, dan Akuntansi," katanya.

(B015/M008)

Pewarta: Bambang S Hadi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014