Sekretaris Jenderal menyampaikan penghargaannya kepada Presiden Nikolic..."
Markas PBB, New York (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon kembali menyampaikan kesediaan pihaknya mendukung Serbia untuk pemulihan pembangunan pasca-banjir.

Dalam pertemuannya dengan Presiden Serbia Tomislav Nikolic, yang sedang berkunjung ke Markas PBB, Selasa (27/5), Ban menyampaikan belasungkawanya sehubungan dengan jatuhnya korban jiwa di Serbia akibat banjir baru-baru ini.

Sedikit-dikitnya 13 orang kehilangan nyawa akibat bencana banjir di Serbia.

"Sekretaris Jenderal menyampaikan penghargaannya kepada Presiden Nikolic atas sumbangan penting Serbia bagi misi pemelihara perdamaian PBB, terutama di Lebanon dan Suriah," demikian pernyataan pers dari juru bicara Ban Ki-Moon di Markas PBB.

Ban juga menggaris-bawahi pentingnya bagi semua negara di wilayah tersebut untuk melanjutkan jalan menuju penyatuan Eropa.

Pihak PBB mengemukakan, "Sekretaris Jenderal mengatakan, ia percaya Pemerintah Serbia akan melanjutkan keterlibatan konstruktifnya dalam dialog yang diperantarai Uni Eropa dengan Kosovo."

Serbia secara tegas menolak untuk mengakui proklamasi kemerdekaan sepihak Kosovo pada 2008, meskipun negara utama Eropa dan Amerika Serikat telah bertukar diplomat dengan Kosovo.

Kosovo saat ini diawasi oleh pasukan pemelihara perdamaian PBB dan Uni Eropa. Di Kosovo, orang Albania merupakan 90 persen penduduk negeri tersebut.
(Uu.C003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014