Chicago (ANTARA News) - Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange turun untuk keempat sesi berturut-turut pada Kamis (Jumat pagi WIB), terutama tertekan oleh data ekonomi positif AS dan meningkatnya risiko di seluruh dunia.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus turun 2,6 dolar AS atau 0,21 persen menjadi ditutup pada 1.257,1 dolar AS per ounce. Statistik menunjukkan, berdasarkan kontrak teraktif, harga emas telah mencatat penurunan empat sesi sekitar tiga persen dan menetap di tingkat terendah sejak 5 Februari.

Para analis pasar percaya, bahkan dengan harga emas Agustus tampak stabil pada kisaran pertengahan 1.250 dolar AS.

Para analis juga percaya, pasar emas membutuhkan lebih banyak waktu untuk berkonsolidasi dan membangun basis dukungan, sebelum memasuki posisi "bullish" baru.

Di sisi ekonomi, Departemen Perdagangan menurunkan perkiraan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) AS yang menunjukkan perekonomian mengalami kontraksi pada tingkat tahunan satu persen dalam kuartal pertama, karena cuaca musim dingin yang parah.

Ini menandai penurunan terbesar dalam tiga tahun, dari awalnya PDB diperkirakan tumbuh pada tingkat 0,1 persen.

Sementara harga perak untuk pengiriman Juli turun 4,5 sen atau 0,24 persen, menjadi ditutup pada 19,014 dolar AS per ounce. Harga platinum untuk pengiriman Juli turun 2,6 dolar AS atau 0,18 persen, menjadi berakhir pada 1.460,1 dolar AS per ounce.

Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014