Malang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, tahun ini berencana merekrut 5.000 calon pegawai negeri sipil (CPNS), sebagian akan ditempatkan di kantor pemerintahan setempat.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang Suwandi pada Sabtu mengatakan pemerintah sudah mengajukan kuota penerimaan 5.000 CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Badan Kepegawaian Nasional.

"Kami kirimkan sekitar dua bulan lalu, namun yang disetujui berapa kita belum tahu. Yang pasti, dari 5.000 yang kita ajukan itu, 60 persennya adalah tenaga pendidik dan selebihnya untuk tenaga kesehatan serta teknis di satuan kerja perangkat daerah," katanya.

Ia mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya kuota yang disetujui pemerintah pusat selalu lebih kecil dibandingkan dengan pengajuan.

Suwandi menjelaskan pula bahwa pada perekrutan yang akan dilakukan Juli mendatang, pemerintah daerah mengajukan rencana perekrutan lulusan sarjana dan lulusan Sekolah Menengah Atas/Kejuruan untuk mendukung kerja bagian tata usaha di unit-unit pelaksana teknis.

Jumlah pegawai negeri sipil di Kabupaten Malang saat ini sekitar 17 ribu orang dan yang pensiun setiap tahun rata-rata 600-700 orang.

Pegawai yang pensiun sebagian besar guru sehingga setiap penerimaan CPNS formasi guru selalu diperbanyak.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014