... berharap warga tidak lagi buang sampah sembarangan, termasuk di sungai... "
Bogor (ANTARA News) - Walikota Bogor, Bima Arya, mengapresiasi "Lomba Mulung Sampah Ciliwung" dan berharap tidak ada lagi warga yang membuang sampah ke sungai.

"Saya berharap warga tidak lagi buang sampah sembarangan, termasuk di sungai. Mari sama-sama kita menjaga Kota Bogor, mencintainya dengan menjaga dan merawatnya," ujar dia, saat membuka acara dalam rangka Hari Jadi ke-532 Kota Bogor, Minggu.

13 desa melibatkan diri dalam lomba yang bertujuan membersihkan lingkungan Sungai Ciliwung dari sampah itu. 

Berbeda dengan negara-negara di negara maju yang menganggap sungai di depan rumah sebagai bagian dari tempat tinggalnya, maka kebiasaan menjadikan sungai atau selokan sebagai tempat sampah raksasa masih hampir selalu melekat di sini. 

Lomba Mulung Sampah Ciliwung yang keenam kalinya ini diikuti oleh 3.000 warga dari 13 kelurahan di Kota Bogor. Lomba tersebut dibentuk oleh Komunitas Peduli Ciliwung (KCP) Bogor yang dirintis almarhum Hapsoro, selaku ketua KCP Bogor.

Koordinator KCP Bogor, Een Putra mengatakan, selama lima kali penyelenggaraan "Lomba Mulung Sampah Ciliwung" telah diikuti sebanyak 6.136 warga di 13 kelurahan di Kota Bogor.

"Grafik jumlah sampah yang terangkut, serta partisipasi warga kelurahan mapun panitia dan juri dalam mengikuti Lomba Mulung Sampah Ciliwung menunjukkan peningkatan dari tahun ke tahun," ujar dia.

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014