Turunnya ongkos haji atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) sebesar 8,2 persen atau sekitar Rp33 juta perorangan atau bisa lebih tergantung jaraknya maka pelaksanaan ibadah haji akan bisa lebih baik lagi,"
Jambi (ANTARA News) - Menteri Agama Ad Interim Agung Laksono yang juga Menteri Koordinantor Kesejahteraan Rakyat menyatakan kegiatan pelaksanaan ibadah haji tahun ini bisa lebih baik.

"Turunnya ongkos haji atau Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) sebesar 8,2 persen atau sekitar Rp33 juta perorangan atau bisa lebih tergantung jaraknya maka pelaksanaan ibadah haji akan bisa lebih baik lagi," kata Agung di Jambi, Sabtu usai menghadiri dan menjadi pembicara pada Kongres PMII XVIII.

Menurut Menteri, kalau dilihat dari persiapannya, pelaksanaan kegiatan ibadah haji tahun ini sudah hampir 100 persen, baik dari sisi regulasi hingga terakhir Presiden SBY sudah menandatangani Perpres tentang BPIH.

Kemudian Kementerian Agama juga sudah mempersiapkan Peraturan-peraturan Menteri Agama yang pada 2 Juni nanti akan disahkan serta juga sudah disiapkan tentang batas waktu pembayaran BPIH dan besarannya.

"BPIH tahun ini turun sebesar 8,2 persen sehingga bisa menjadi hal yang positif karena terjadinya efisiensi namun pemerintah tidak akan menurunkan kualitas pelaksanaan kegiatan ibadah haji tahun ini," kata Agung Laksono.

Pemerintah melalui Menteri Agama juga sudah mempersiapkan seluruh infrastruktur untuk pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi baik tentang pemondokan, transportasi hingga katering makan para calon haji Indonesia sudah siap.

Terakhir rencananya pada 23 Juni dirinya akan langsung berkunjung ke Arab Saudi untuk melihat dan memastikan persiapan langsung di lapangan seperti masalah tenda-tenda para calon jemaah haji Indonesia dalam menjalankan idabah di Tanah Suci tersebut.(N009/E003)

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014