Washington (ANTARA News) - Amerika Serikat telah mengkonfirmasi bahwa seorang pembom bunuh diri yang meledakkan sebuah truk di Provinsi Idlib Suriah Minggu adalah warga negara Amerika.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki, juga menegaskan bahwa ia pergi dengan nama Abu Hurairah Al-Amriki (Abu Hurairah Amerika) sebagai bagian dari Front Al-Nusra, sebuah kelompok garis kerah melawan rezim Bashar al-Assad, lapor KUNA.

Ketika didesak, dia katakan ia tidak punya rincian tentang apakah Al-Amriki lahir di Amerika Serikat, atau warga negara naturalisasi.

"Kami melakukan pelacakan sangat ketat dan bekerja sama dengan mitra dan sekutu kami mengenai keprihatinan kami tentang perkembangan pejuang asing dan pertumbuhan ekstremisme," kata Psaki.

"Kami terlibat dalam upaya penjangkauan terfokus dengan pemerintah mitra penting. Mitra kami di seluruh wilayah Eropa juga prihatin."

Dia menambahkan bahwa Amerika Serikat tidak "melacak aktivitas warga AS di luar negeri," yang membuatnya sulit untuk mengetahui apakah mereka telah berada di Suriah.


Penerjemah: Askan Krisna

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014