Namun dihari kelima kedepan nanti, perairan Sulbar akan tinggi mencapai dua meter dan dinyatakan tidak aman bagi nelayan melaut khususnya yang menggunakan perahu kecil,"
Mamuju (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyatakan perairan Sulawesi Barat dengan ketinggian ombak sekitar 1,5 meter selama lima hari ke depan, relatif aman untuk nelayan melaut.

"Namun dihari kelima kedepan nanti, perairan Sulbar akan tinggi mencapai dua meter dan dinyatakan tidak aman bagi nelayan melaut khususnya yang menggunakan perahu kecil," kata Prakirawan Stasiun BMKG Kabupaten Majene Mujahidin di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan ketinggian gelombang laut di perairan Sulbar mencapai 1,5 meter sehingga dinyatakan aman untuk nelayan menangkap ikan khususnya nelayan menggunakan perahu kecil.

Menurut dia, kecepatan angin yang berembus di perairan Sulbar sekitar 25--30 kilometer per jam dan angin bertiup dari timur menuju timur laut dan utara.

"Kalau sore hari angin dominan bertiup dari timur dan subuh hari bertiup dari arah utara," katanya.

Ia mengatakan curah hujan di perairan Sulbar juga relatif bersahabat dengan curah hujan sedang, atau 100 milimeter.

Ia mengatakan ketinggian gelombang di perairan Sulbar tersebut juga aman untuk pelayaran, khususnya untuk para penumpang yang menggunakan jasa angkutan laut, seperti kapal feri dari Kota Mamuju, Sulbar, menuju Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Perairan Sulbar juga aman bagi kapal penumpang dari daerah lain, seperti dari Kota Makassar dan Kota Parepare, Sulawesi Selatan, yang melintas ke daerah ini, atau ke Pulau Kalimantan," katanya.
(KR-MFH/A034)

Pewarta: M Faisal Hanapi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014