Milan (ANTARA News) - Nairo Quintana menjadi pebalap sepeda Kolombia pertama yang menjuarai Giro dItalia saat pebalap Slovenia Luka Mezgec memenangi etape ke-21 yang juga etape terakhir, Minggu.

Pebalap tim Movistar Quintana, yang menempati posisi kedua pada Tour de France tahun lalu, memimpin posisi satu-dua pebalap Kolombia dengan Rigoberto Uran di posisi kedua dan pebalap 23 tahun asal Italia Fabio Aru di posisi ketiga.

Mezgec dari tim Giant-Shimano, mengungguli pebalap Italia Giacomo Nizzolo dan Tyler Farrar dari Amerika Serikat pada sprint menjelang finis pada akhir etape sejauh 172km dari Gemona hingga Trieste.

Quintana, yang disebut-sebut sembagai pebalap pendaki terbaik dunia, mendominasi secara keseluruhan pekan terakhir balapan itu.

Pada dua pekan pertama, balapan didominasi pebalap Australia Cadel Evans, juara Tour de France 2011 dan kemudian Uran, yang menempati posisi kedua pada tahun lalu.

Tapi Quintana kemudian melakukan terobosan pada etape ke-16 Selasa lalu sejauh 139km dari Ponte di Legno hingga Val-Martello.

Tiga hari kemudian dia memperbesar keunggulannya saat dia memenangi etape ke-19 yang merupakan etape time trial di pegunungan.

Meskipun pada pendakian terjal Monte Zoncolan pada Sabtu, tidak seorangpun dari para pesaing Quintana dalam klasemen keseluruhan yang bisa menggeser keunggulannya dan balapan itu sudah dimenanginya, demikian AFP.

(Uu.I015/Z002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014