Jakarta (ANTARA News) - Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia bekerja sama dengan perusahaan taksi Blue Bird untuk menyediakan sarana transportasi lanjutan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, bagi penumpang.

"Dengan hadirnya layanan Airport Transfer to City ini, pelanggan AirAsia tidak perlu lagi menunggu lama di bandara untuk mendapatkan taksi menuju daerah tujuannya masing-masing," kata Direktur Niaga AirAsia Indonesia Andy Adrian Febryanto pada peluncuran layanan baru itu di Jakarta, Selasa.

Layanan transportasi penumpang menuju kota tersebut akan menggunakan mobil jenis MPV berkapasitas empat orang yang dioperasikan oleh Golden Bird, anak usaha Blue Bird Group Holdings.

Ia mengatakan, penumpang bisa memesan layanan itu saat memesan tiket penerbangan AirAsia dengan harga layanan bervariasi sesuai zona tujuan akhir pilihan penumpang.

"Pelanggan cukup menunjukkan travel itinerary atau tiket AirAsia di mana terdapat bukti pembelian layanan tambahan Airport Transfer to City paling lambat dua jam setelah jadwal kedatangan kepada petugas Blue Bird atau Golden Bird di terminal kedatangan bandara," ujarnya.

Andi menjelaskan uji coba layanan yang dilakukan sejak 16 Mei 2014 menunjukkan bahwa peminat layanan itu cukup banyak.

Pada tahap awal, layanan itu baru tersedia untuk penumpang AirAsia yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan ingin melanjutkan perjalanan ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Presiden Direktur Blue Bird Group Holdings Noni Purnomo mengatakan selain di Jabodetabek, kelompok usaha Blue Bird juga telah melayani penumpang di 13 kota besar lain di Indonesia.

Ia berharap selanjutnya layanan tersebut bisa diperluas ke kota-kota besar lain di Indonesia.

Pewarta: Muhammad Razi Rahman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014