Paris (ANTARA News) - Unggulan keempat asal Rumania Simona Halep mencapai perempat final Prancis Terbuka, Senin, setelah mengalahkan Sloane Stephens asal AS dengan skor 6-4, 6-3.

Petenis berperingkat tertinggi yang tersisa di kategori putri ini menyamai pencapaian terbaiknya pada Grand Slam ketika melakukan enam break dari enam peluang pada pertandingan yang berlangsung selama satu jam 18 menit tersebut.

Ia berupaya menjadi petenis Romania pertama yang mencapai final di lapangan tanah liat Paris, sejak manajernya Virginia Ruzici kalah dari Chris Evert pada 1980.

Kekalahan dari ikon Amerika itu terjadi dua tahun setelah Ruzici menjadi petenis putri Romania pertama yang meraih gelar Prancis Terbuka.

"Saya benar-benar gembira dapat mencapai perempat final di Paris untuk pertama kalinya dalam hidup saya," kata Halep, yang juga mencapai fase sama di Australia Terbuka tahun ini ketika dikalahkan Dominika Cibulkova asal Slovakia.

"Saya merasa percaya diri dan saya menyukai lapangan tanah liat, namun saya ingin melangkah lebih maju meski saya tahu akan sangat berat pada putaran berikutnya."

Ia kini akan menghadapi juara Prancis Terbuka 2009 Svetlana Kuznetsova atau unggulan 24 asal Republik Ceko Lucie Safarova untuk satu tempat di semifinal.

(H-RF/Z002)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014