Jakarta (ANTARA News) - Dokter spesialis gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr Fiastuti Witjaksono, Sp.GK, mengatakan, buah kiwi, sangat baik untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan seseorang maupun keluarga.

Karena buah tersebut mengandung Vitamin C yang tinggi dan merupakan vitamin yang sangat penting bagi kesehatan, kata Dr Fiastuti usai meluncurkan varian terbaru - Zespri SunGold Kiwifruit di Jakarta, Senin.

Menurut dia, vitamin C merupakan antioksidan yang baik untuk mencegah radikal bebas, meningkatkan sistem imun dan mencegah berbagai penyakit, serta membentuk kolagen dan hormon yang baik bagi tubuh.

Oleh karena itu, mengonsumsi satu hingga dua kiwi per hari sangat dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C per hari, yaitu sebanyak 75 mg, ucapnya.

Ia menambahkan, selain memenuhi kebutuhan vitamin C setiap harinya, buah yang kaya vitamin C tersebut sangat baik untuk dikonsumsi bersama keluarga. Khususnya ketika bersama keluarga dilakukan di luar ruangan, ujarnya.

Spesialis Kedokteran Olahraga dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Ade Jeanne D. L. Tobing,Sp.KO, mengatakan menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga, harus jalankan "paket hidup sehat" yaitu dengan menjaga pola makan sehat dengan gizi seimbang dan bernutrisi,seperti buah kiwi yang kaya akan vitamin C.

Selain itu menjalankan gaya hidup aktif dengan aktivitas fisik khususnya di luar ruangan. Aktivitas fisik tanpa nutrisi yang cukup tidak akan memberi manfaat yang maksimal, demikian pula sebaliknya, katanya.

Ade Jeanne menambahkan, menjalankan aktivitas fisik bersama dengan keluarga lebih baik lagi jika dilakukan di luar ruangan. Aktivitas di outdoor bermanfaat untuk mengurangi stres, tekanan darah, detak jantung, ketegangan otot, dan meningkatkan mood.

Beraktivitas di outdoor juga dapat mengurangi risiko yang berhubungan dengan penyakit kronis, ujarnya.

(A011/A029)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014