Biak (ANTARA News) - Pemkab Biak Numfor menegaskan bahwa penerimaan murid baru (PMB) tahun pelajaran 2014-2015 di berbagai jenjang mulai SD hingga SMA/SMK bebas biaya pendaftaran alias gratis.

"Sekolah dilarang melakukan punggutan biaya pendaftaran siswa baru," tegas Kepala Dinas Pendidikan Biak Numfor Kamaruddin S.Pd di Biak, Selasa.

Ia mengatakan sekolah juga diminta tidak membebankan pembelian buku, baju sekolah, dan kelengkapan peralatan sekolah kepada orang tua.

Untuk pembelian buku di tahun ajaran 2014/2015, menurut Kamaruddin, mulai tahun pelajaran baru buku pelajaran sudah disiapkan pemerintah melalui Disdik.

"Awal tahun ajaran baru buku pelajaran kurikulum 2013 yang dialokasikan sudah diterima siswa berbagai jenjang pendidikan," kata Kamaruddin.

Disinggung waktu pendaftaran siswa baru, menurut Kadiasdik Kamaruddin, masih menunggu jadwal berakhirnya ulangan kenaikan kelas yang diperkirakan pertengahan Juni 2014.

"Pendaftaran siswa baru akan disesuaikan dengan jumlah ketersediaan ruangan kelas di sekolah bersangkutan, ya untuk rincian masih belum ditetapkan setiap sekolah,"ujarnya.

Berdasarkan data jumlah siswa lulusan SD melanjutkan ke SMP mencapai 3.000-an siswa serta siswa SMP ke SMA/SMK diperkirakan 2.500-an siswa.

Pewarta: Muhsidin
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014