Jangan sampai pesta demokrasi menyisakan dendam dan luka di sebagian rakyat Indonesia yang lain akibat kampanye hitam.
Bandarlampung (ANTARA News) - Tim Koalisi Merah Putih Lampung menjanjikan akan melakukan cara-cara terhormat dalam berkampanye memenangkan pasangan Prabowo--Hatta, dan akan menghindari kampanye hitam.

"Saya sudah kasih arahan kepada tim, dan minta agar diteruskan ke tingkat akar rumput agar tidak menggunakan cara-cara kotor dalam berkampanye dengan menjelek-jelekkan pasangan lain," kata Ketua Koalisi Merah Putih Lampung Gunadi Ibrahim, di Bandarlampung, Selasa.

Menurut dia, kampanye hitam tidak sesuai dengan identitas dan sifat orang Lampung yang mengedepankan cara-cara terhormat dalam memperoleh kemenangan. "Kita menang dengan kepala tegak, oleh sebab itu kampanye hitam jelas bukan budaya orang Lampung," kata dia.

Gunadi berjanji, akan melakukan tindakan tegas apabila ada anggota resmi dari tim relawan pemenangan Prabowo--Hatta yang dipimpinnya terbukti melakukan kampanye hitam.

Hal itu sesuai dengan arahan dari cawapres pasangan Prabowo--Hatta saat menghadiri deklarasi dukungan pasangan tersebut Senin (2/6) sore, di GOR Sumpah Pemuda Bandarlampung.

Dalam konfrensi pers kepada wartawan, Hatta mengatakan dirinya sudah menginstruksikan kepada seluruh anggota tim pemenangan untuk tidak meladeni dan melakukan kampanye hitam.

"Sudah saya instruksikan karena tidak sesuai dengan budaya bangsa," dia menegaskan.

Menurut Hatta, tim sukses dan pendukungnya akan mengedepankan kampanye bermoral, mencerdaskan, dan positif. Kampanye hitam akan menyisakan dendam dan luka yang mendalam bagi pasangan yang difitnah, dan berharap hal itu tidak terjadi dalam pesta demokrasi di Indonesia.

"Jangan sampai pesta demokrasi menyisakan dendam dan luka di sebagian rakyat Indonesia yang lain akibat kampanye hitam," kata dia.

(A054)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014