...sebagai upaya menyamakan persepsi guna mensinergikan antar pemangku kepentingan untuk memperkuat dan memantapkan fungsi koordinasi...
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuka secara resmi rapat koordinasi (rakornas) Pemantapan Pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014 di Sentul International Convention Center, Bogor, Selasa.

Rapat koordinasi tersebut diikuti oleh para pemangku kepentingan dalam pelaksanaan pemilihan presiden yaitu gubernur, bupati dan wali kota, pangdam, kapolda, pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Dalam Negeri, Mabes TNI, Kejaksaan Agung, Mabes Polri, pengurus Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan panwaslu kabupaten dan kota seluruh Indonesia, serta institusi terkait.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan penyelenggaraan rapat ini memiliki arti penting dan strategis bagi pemerintah dn pemerintah daerah. Rakornas ini merupakan implementasi dari pasal 126 UU No 15/2011 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum.

"Maksud dan tujuan Rakornas adalah sebagai upaya menyamakan persepsi guna mensinergikan antar pemangku kepentingan untuk memperkuat dan memantapkan fungsi koordinasi bagi suksesnya Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014," lanjut Presiden Yudhoyono.

Presiden Yudhoyono dalam sambutannya mengatakan, rakornas ini penting dalam menyongsong Pemilihan Presiden yang akan dilakukan pada 9 Juli 2014 nanti.

"Untuk membulatkan dan menyatukan tekad dan upaya kita untuk menyukseskan pemilu presiden dan wakil presiden yang pemungutan suaranya insya Allah dilaksanakan pada 9 Juli 2014," kata Presiden Yudhoyono.

Presiden dalam arahan menyebutkan 13 instruksi dan arahan guna menyukseskan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014.

Rakornas akan diisi oleh pemaparan yang akan dilakukan oleh para pejabat terkait, diantaranya Ketua KPU Husni Kamil Manik, Ketua Badan Pengawas Pemilu Muhammad, Kapolri Sutarman dan ditutup Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto.

Pemilu Presiden 9 Juli 2014 akan diikuti oleh dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (nomor urut 1) dan Joko Widodo-Jusuf Kalla (nomor urut 2).

(M041)

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014