Bishkek, Kirghizstan (ANTARA News) - Amerika Serikat pada Selasa menutup pangkalan angkatan udaranya di Kirghizstan, yang selama 12 tahun menjadi tempat singgah utama personel dan perbekalan tentaranya ke Afghanistan.

Washington terpaksa menutup Manas Transit Centre di Bishkek utara setelah Kirghizstan, negara bekas Soviet yang berusaha menjalin hubungan lebih dekat dengan Moskow, tahun lalu menolak memperpanjang sewanya.

Dalam upacara simbolis para pejabat Amerika Serikat menyerahkan kunci-kunci ke Manas Transit Centre kepada pihak berwenang Kirghizstan, demikian seperti dilansir kantor berita AFP.

Komandan pangkalan itu, Kolonel John Millard, mengatakan sekitar 5,5 juta tentara koalisi anti-teror  melalui pangkalan di negara Asia Teggah itu sejak dibangun akhir tahun 2001, setelah serangan 11 September di Amerika Serikat.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Kirghizstan Pamela Spratlen mengatakan semua personel militer akan meninggalkan pangkalan itu dalam sepekan.

Rusia mempertahankan pangkalannya sendiri di Kirghizstan.

Amerika Serikat juga telah memindahkan pangkalan transit utamanya bagi Afghanistan ke Romania, yang April lalu menyetujui peningkatan pasukan Amerika Serikat di pangkalan di Laut Hitam.

(Uu.H-RN)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014