Jakarta (ANTARA News) - Keamanan jaringan yang melindungi data internal pada kementerian-kementerian dan perusahaan retail cenderung lebih rentan diserang baik oleh spam maupun peretas, kata Direktur Solusi PT Natari Systems Fajar Isnanto.

"Terutama untuk kementerian atau lembaga pemerintahan karena biasanya walaupun mereka punya anggaran tetapi cenderung tidak memaksimalkan untuk solusi keamanan jaringan," katanya di Jakarta, Selasa.

Hal sama terjadi pada sejumlah perusahaan kecil yang biasanya menghadapi kendala dana untuk membiayai solusi keamanan jaringan.

"Kebanyakan perusahaan tidak punya dana besar untuk membeli solusi keamanan jaringan yang terintegrasi," ujar dia.

Sebaliknya perusahaan perbankan biasanya jauh lebih sadar terhadap pentingnya keamanan jaringan pelindung data mereka.

"Di perusahaan perbankan, ibarat solusi keamanan jaringan itu satpam, mereka memiliki banyak satpam," katanya, sehingga data internal tetap terkendali.

Pria dari perusahaan yang baru saja ditetapkan sebagai distributor resmi produsen solusi keamanan jaringan, Watchguard Techonologies, di Indonesia itu menyebutkan solusi keamanan jaringan terpadu, seperti ditawarkan Watcguard, menjadi jawaban atas kebutuhan perlindungan data-data internal perusahaan dan kementerian.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014