Miami (ANTARA News) - Frank Lampard akan menjadi kapten Timnas Inggris pada laga persahabatan menjelang Piala Dunia melawan Ekuador hari ini di tengah upayanya memokuskan kembali perhatian setelah keputusan emosionalnya untuk meninggalkan Chelsea yang sudah dibelanya selama 13 tahun.

"Saya sangat bangga, selalu. Berat sekali meninggalkan Chelsea setelah 13 tahun (memperkuat tim ini)," kata dia mengenai keputusannya mengumumkan hengkang sehari sebelumnya.

"Saya jalan terus, klub juga jalan terus. Setelah 13 tahun klub itu menjadi bagian hidup saya. Sulit memang, tapi Anda mesti terus lanjut dan saya berkonsentrasi untuk bermain bagi Inggris."

Menjadi veteran dalam skuat Roy Hodgson dalam usia 35 tahun, Lampard akan menjadi jangkar di lapangan tengah yang membuatnya bertanding bersama sejumlah bakat muda dalam skuat Inggris.

"Semua pemain fit," kata Hodgson setelah latihan di Stadion SunLife. "Akan ada perubahan dalam tim tapi saya tidak bisa berbicara rinci karena kami akan bertemu di mana kami akan menghadapi Ekuador dan persiapan kami untuk pertandingan itu. Saat ini saya akan bilang pada tim siapa yang akan bertanding."

Hodgson mengaku tidak lagi ingin mempelajari apa pun kecuali menginginkan timnya memenangi pertandingan sebelum mereka ke Brasil.

"Saya tahu banyak mengenai tim dan saya nyaman dengan 23 pemain yang saya bawa ke sini. Ini adalah pertandingan persiapan untuk laga pembuka pada 14 Juni. Saya berharap tidak ada yang cedera."

Lampard yakin dia memiliki peran penting dalam menularkan pengetahuannya dari dua Piala Dunia sebelumnya kepada muka-muka baru Inggris.

"Saya sendiri, Steven Gerrard, Wayne Rooney dan Joe Hart punya pengalaman paling banyak dan tugas kami adalah membantu mereka di sekitar hotel dan ruang ganti," kata Lampard. "Kami adalah penghubung ke bos dan staf dan kami jelas harus bermain bagus."

Di masa lalu tim Inggris dituduh bermain dengan ketakutan pada turnamen-turnamen besar namun Lampard telah berkirim pesan kepada para pemain muda seperti Raheem Sterling dan Ross Barkley bahwa mereka perlu tampil bebas.

"Untuk skuat adalah penting untuk memiliki racikan bagus antara pemain muda yang hebat dengan para pemain tua berpengalaman," kata dia.

"Anda perlu membiarkan mereka berjalan, membiarkan mereka bermain tanpa takut dan membiarkan mereka bermain dengan talenta-talenta yang ada pada skuat," kata Lampard seperti dikutip AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014