Lucerne, Swiss (ANTARA News) - Swiss berjuang keras untuk mengukir kemenangan 2-0 atas tim kuat berpengalaman, Peru, pada laga pemanasan terakhir, Selasa, sebelum mereka bermain di Piala Dunia Brazil.

Bek kanan Stephan Lichtsteiner memecah kebuntuan lewat tendangan jarak jauh pada menit ke-78 dan Xherdan Shaqiri, yang duduk di bangku cadangan pada jam pertama pertandingan, mencetak gol kedua lima menit kemudian.

Swiss sebelumnya membuat beberapa peluang bagus melawan tim Amerika Selatan itu, yang bermain tanpa diperkuat beberapa pemain top mereka, seperti pemain dari Bundesliga Claudio Pizarro, Jefferson Farfan, dan Carlos Zambrano.

Ricardo Rodriguez merupakan pemain paling hidup dalam tim Swiss pada babak pertama dan tendangan bebas pemain bek kiri itu sempat melayang ke arah gawang tapi penjaga gawang George Forsyth berhasil menyambarnya.

Peru, yang terakhir kali maju ke Piala Dunia pada 1982, beberapa kali menguasai bola tetapi hanya sekali mengancam kedudukan lawan pada babak pertama, ketika Paolo Hurtad melakukan tembakan keras tapi ditepis Diego Benaglio.

Pada babak kedua permainan semakin keras sementara sekitar 1000 penonton Peru - membunyikan lonceng sepeda serta drum -, membuat suara berisik mengalahkan suara sekitar 14.000 penonton tuan rumah.

Tuan rumah akhirnya membuat angka ketika Rodriguez mengirim bola dari sisi kiri dan Lichtsteiner meneruskannya ke pojok gawang.

Enam menit kemudian, bola melayang ke lini berbahaya Peru dan Shaqiri menguasinya dan menenang ke antara sela kaki Forsyth, demikian Reuters melaporkan.

(SYS/A008/A011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014