Semarang (ANTARA News) - Sebanyak empat pemain PB Djarum Kudus, Jateng, tampil pada kejuaraan bulu tangkis Japan Terbuka Super Series 2014 di Tokyo, Jepang, 10-15 Juni mendatang.

Ketua PB Djarum Kudus, Yoppy Rosimin ketika dihubungi dari Semarang, Rabu, menyebutkan, mereka tampil pada nomor ganda putri (pasangan Shendy Puspa Irawati-Vita Marissa) dan ganda campuran.

Kedua pemain (Shandy Puspa Irawati dan Vita Marissa), kata dia, juga bermain rangkap di nomor ganda campuran yaitu Vita Marissa berpasangan dengan Muhammad Rijal sedangkan Shendy Puspa Irawati berpasangan dengan Fran Kurniawan.

Ia mengatakan, pasangan Shandy Puspa Irawati-Vita Marissa (ganda putri) dan Fran Kurniawan-Shendy Puspa Irawati (ganda campuran) harus berjuang melalui babak kualifikasi karena peringkat mereka belum memenuhi syarat untuk melangkah ke babak utama.

Sementara Muhammad Rijal-Vita Marissa langsung bertanding di babak utama kejuaraan bulu tangkis berhadiah total 250 ribu dolar AS tersebut.

Pada babak kualifikasi, pasangan Shendy-Vita yang menempati unggulan ketiga mendapat bye pada babak pertama dan pada babak kedua akan bertemu pemenang antara sesama pasangan tuan rumah Rie Eto-Aya Shimozaki melawan Karin Hirano-Haruko Osaka untuk menentukan satu pasangan yang lolos ke babak utama.

Kemudian pada babak kualifikasi ganda campuran pasangan Fran-Shendy menempati unggulan pertama dan mendapat bye pada babak pertama. Pada babak kedua akan bertemu pemenang sesama pasangan Jepang Ryota Taohata-Koharu Yanemoto melawan Naoki Yamahira-Sachie Annen untuk menentukan satu pasangan yang lolos ke babak utama.

Pada babak utama, pasangan Muhammad Rijal-Vita Marissa akan menghadapi pasangan Hong Kong Chan Yun Lun-Tse Ying Suet pada babak pertama. Jika menang akan bertemu pemenang antara unggulan keenam Shin Baek Choel-Jang Ye Na (Korea Selatan) melawan Nipitphon Puangpuapech-Puttita Supajirakul (Thailand) di babak kedua.

Pada nomor ini Indonesia juga menurunkan pasangan Riky Widianto-Richi Puspita Dili yang menempati unggulan ketujuh dan akan bertemu pasangan kuat dari Tiongkok Li Junhui-Tang Yuanting di babak pertama, sedangkan pasangan pelatnas Praveen Jordan-Debby Susanto akan menghadapi ganda campuran Jepang Hirokatsu Hashimoto-Miyuki Maeda di babak pertama.

Pada nomor tunggal putra, pemain pelatnas asal Djarum Kudus Dionysius Hayom Rumbaka akan bertemu pemain yang lolos dari babak kualifikasi. Jika menang akan bertemu pemenang antara Tanongsak Saensomboonsuk (Thailand) melawan unggulan kedua dari Tiongkok Chen Long.

Sony Dwi Kuncoro akan menantang unggulan ketujuh dari Vietnam Nguyen Tien Minh di babak pertama sementara Tommy Sugiarto yang menempati unggulan kelima akan bertemu tungal putra Inggris Rajiv Ouseph di babak pertama.

Indonesia juga menurunkan ganda putra Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan yang menempati unggulan pertama, Angga Pratama-Ryan Agung Saputro,  Alvent Yulianto Chandra yang berpasangan dengan pemain Jepang Shintaro Ikeda dan pasangan Christopher Rusdianto-Trikusuma Wardhana.

Pewarta: Hernawan Wahyudono
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014