Saya kenal dia, dia juga teman saya, satu almamater saat bersekolah juga dan dia anak mantan Menteri Agama Saifuddin Zuhri. Saya kira dia tepat memangku amanat itu (Menteri Agama),"
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Majelis Ulama Indonesia Din Syamsuddin meyakini pemilihan politisi Partai PPP Lukman Hakim sebagai Menteri Agama, pengganti Suryadharma Ali yang mengundurkan diri, sebagai langkah yang tepat.

"Saya kenal dia, dia juga teman saya, satu almamater saat bersekolah juga dan dia anak mantan Menteri Agama Saifuddin Zuhri. Saya kira dia tepat memangku amanat itu (Menteri Agama)," kata Din di Jakarta, Kamis.

Din mengatakan siapapun menteri agama baru nanti dapat memberi kontribusi yang baik kepada bangsa, terlebih Kementerian Agama adalah salah satu lembaga negara yang kerap menjalin kerjasama dengan MUI. "Apalagi mereka adalah partner MUI," katanya.

Meski begitu, dia mengingatkan Lukman untuk bekerja secara efektif sebagai menteri mengingat dia hanya akan menjabat selama empat bulan saja. "Sisa empat bulan itu sangat singkat," kata Din yang juga ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu.

"Tapi kita perlu menghargai apapun itu, karena keputusan siapa menteri pengganti itu adalah hak prerogatif dari presiden," kata dia.

Sebagaimana diberitakan, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Lukman Hakim Saefuddin mengatakan dirinya segera dilantik menjadi suksesor Suryadharma Ali yang terjerat kasus korupsi.

"Pelantikannya baru Senin (9/6), nanti setelah itu saya baru akan berbicara lebih banyak," kata Lukman Hakim.

Lukman mengatakan amanah tersebut merupakan kepercayaan yang luar biasa berat dan tanggung jawabnya diakuinya lebih berat karena hanya memiliki jangka waktu tersisa selama empat bulan. "Tidak mudah bagi saya menerima amanah yang luar biasa beratnya," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PPP M Romahurmuziy mengatakan ada dua hal pokok yang menjadi pertimbangan PPP mencari sosok pengganti SDA sebagai Menag yaitu kebutuhan pengalaman dan manajerial yang paripurna pada lingkup persoalan Kementerian Agama.

"Lukman adalah anggota DPR sejak 1997 yang sudah duduk di berbagai komisi, termasuk komisi agama," kata dia.

(A061/Z003)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014