Final ulangan NBA ini akan menjadikan pembuktian titel untuk Miami Heat dan akan memberikan warisan gelar ke-5 bagi San Antonio Spurs.
Jakarta (ANTARA News) - Final Liga Bola Basket Nasional Amerika (NBA) Game 1 akan berlangsung beberapa saat lagi, juara bertahan Miami Heat akan ditantang kembali oleh San Antonio Spurs dalam sebuah babak yang akan memberikan legasi atau warisan dalam sejarah NBA.

Apabila memutar kembali ingatan pertandingan pada sisa waktu 28,2 detik terakhir Game 6 Final NBA 2012-2013 Heat hampir saja memberikan gelarnya kepada Spurs. Final ulangan NBA ini akan menjadikan pembuktian titel untuk Miami Heat dan akan memberikan warisan gelar ke-5 bagi San Antonio Spurs.

Bagi Miami Heat Final NBA 2013-2014 ini akan mengejar titel menjadi empat tim dalam sejarah franchise NBA yang memperoleh three peat atau tiga galar beruntun sejak Michael Jordan bersama Chicago Bulls menundukkan Utah Jazz (John Stockton dan Karl Malone) pada Final NBA 1997 dan 1998.

Heat akan menjadi tim pertama yang masuk ke babak Final NBA untuk empat kali beruntun sejak era Larry Bird bersama Boston Celtics dari 1984 hingga 1987.

Untuk pemain bintang Heat, LeBron James (29 tahun) akan memberikannya setengah jalan untuk menyamai legenda basket Michael Jordan, dengan cincin juara ketiganya. Untuk Dwyane Wade akan menjadikannya  berada di deretan pemain elit dengan empat cincin juara NBA. Untuk pelatih Erik Spoelstra, akan menjadikannya ke posisi ke-6 sepanjang masa untuk meraih titel NBA sebagai pelatih.

Sementara gelar NBA 2013-2014 bagi San Antonio Spurs dan pemain forward-nya, Tim Duncan, akan meraih titel ke-5 NBA dan menjadikan Duncan sebagai pemain berbadan besar terbaik dalam sejarah NBA.

Selain itu, kenangan menyesakkan atas kekalahan tujuh game atas Miami, merupakan satu-satunya kekalahan Tim Duncan dalam partai Final.

Untuk Manu Ginobili dan Tony Parker, ini akan menjadi titel ke-4 juara NBA dan secara permanen akan mentahbiskan mereka berdua sebagai pemain asing yang paling sukses di dunia basket. Untuk pelatih Spurs, Gregg Popovich, akan menjadikannya pelatih kelima dalam sejarah NBA yang memenangkan gelar NBA lima kali. Demikian dirilis NBA.

Siapakan yang akan memberikan legasi bagi sejarah NBA sepanjang masa? Kita tunggu jalannya seluruh pertandingan dalam format best of seven game.
(*)

Penerjemah: Ella Syafputri
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014